Jumlah Tenaga Kerja Lokal dalam Proyek Strategis Nasional Jabar Harus Ditingkatkan

- 21 Juli 2020, 15:19 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum.
Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum. /



GALAMEDIA - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar berharap pemerintah pusat melalui kementerian/lembaga terkait untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja lokal dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang melewati atau ada di Jabar.

"Di Jabar pengangguran saat pandemi ini  sangat luar biasa dan pemerintah sedang berupaya (salah satunya) dengan padat karya. Itu pun baru terserap 50 ribu dari jutaan yang menganggur," Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, Selasa, 21 Juli 2020.

"Harapan kepala daerah ingin ada kuota pekerja di wilayah (proyek) tersebut. Misalnya, proyek melewati Kabupaten Bandung Barat, maka kami ingin ada pekerja dari wilayah Kabupaten Bandung Barat. Itu sedikit meringankan beban kami dalam menyerap tenaga kerja," tambahnya.

Baca Juga: Tidak harmonis, Koalisi PKS dan Demokrat untuk Pilkada Kabupaten Bandung Bubar

Tujuannya, kata Uu, selain untuk mengetahui progres proyek yang dilaksanakan, juga agar daerah bisa ikut membantu meminimalisir dampak dari proyek tersebut.

"Karena selain kebermanfaatan, semua pembangunan tidak lepas dari dampak, baik ke masyarakat maupun lingkungan. Jika kami Pemprov atau kabupaten/kota diberikan informasi terkait progres, kami juga turut merasa memiliki sebagai pemerintah. Jika tidak, proyek itu seolah proyek asing," kata Uu.

"Lainya, untuk meminimalisir dampak lingkungan dari proyek tersebut, ada komunikasi juga dengan masyarakat. Karena intinya kami pun ingin mendukung, ingin mem-back up, jika ada masalah-masalah (di daerah) yang dilewati proyek, apalagi di Jabar," tuturnya.

Baca Juga: Ryuji Utomo, Evan Dimas dan Osvaldo Dipanggil Timnas Senior

Adapun beberapa PSN yang tengah dikerjakan di Jabar antara lain Waduk Cipanas dan Waduk Kuningan (BBWS Cimanuk Cisanggarung), Waduk Leuwikeris (BBWS Citanduy), Pelabuhan Patimban, Bendungan Sadawarna (Kabupaten Subang), hingga kereta cepat Jakarta-Bandung.

Beberapa PSN tersebut sudah menyerap tenaga kerja lokal, jumlahnya bervariasi. Contohnya 150 warga lokal dari total 350 pekerja di proyek Bendungan Sadawarna, 250 warga lokal dari total 510 pekerja di proyek Waduk Leuwikeris, dan 308 warga lokal dari total 804 pekerja di proyek Pelabuhan Patimban.

Ia menegaskan bahwa Pemda Provinsi Jabar sangat mendukung proyek-proyek strategis nasional yang ada di Jabar. "Semoga ini semua menjadi perhatian pemerintah pusat terkait jumlah dan kualitas pekerjaan yang diberikan kepada Jabar," jelasnya.

Baca Juga: Rem Blong Sudah Terasa di Nagreg, Akhirnya  Mobil Pengangkut Buah-buahan Terjun ke Kolam Di Rajapola

"Karena (proyek) sekali pun manfaatnya ada yang dirasakan oleh warga Jabar, tapi kami yakin semua kegiatan ini tujuan demi masyarakat secara umum, tidak diskriminatif untuk wilayah tertentu," ujarnya. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x