Tensi Makin Panas, India Unjuk Kekuatan ke China, Latihan Bareng AS di Samudera Hindia

- 21 Juli 2020, 18:07 WIB
Ilustrasi. Dek penerbangan kapal induk USS Abraham Lincoln (CVN 72) dibersihkan kelasi dari benda asing dan puing-puing (FOD) di dek penerbangan dari kapal induk kelas Nimitz USS Abraham Lincoln (CVN 72), di Laut Arab, Minggu 19 Juli 2020. Garrett LaBarge/U.S. Navy/Handout via REUTERS/djo/wsj. (REUTERS/HANDOUT)
Ilustrasi. Dek penerbangan kapal induk USS Abraham Lincoln (CVN 72) dibersihkan kelasi dari benda asing dan puing-puing (FOD) di dek penerbangan dari kapal induk kelas Nimitz USS Abraham Lincoln (CVN 72), di Laut Arab, Minggu 19 Juli 2020. Garrett LaBarge/U.S. Navy/Handout via REUTERS/djo/wsj. (REUTERS/HANDOUT) /

GALAMEDIA - Sejumlah kapal Angkatan Laut India menggelar latihan gabungan dengan pasukan dari kapal induk Amerika Serikat, USS Nimitz, di Samudera Hindia pada Senin, 20 Juli 2020.

Latihan militer itu menandai peningkatan kerja sama antara kemiliteran antara kedua negara. Tak cuma itu, latihan gabungan juga dilakukan saat situasi di Laut China Selatan memanas belakangan ini.

Seperti diketahui, konflik memanas antara China dan negara-negara di kawasan. Termasuk AS, yang kini telah mengirimkan dua kapal induk, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan, ke perairan tersebut.

Baca Juga: Parah! Bola Lampu PJU Klasik di Kota Bandung Banyak Hilang Dicuri

Hubungan India dengan China juga mengalami ketegangan setelah terjadi bentrokan maut di sebuah perbatasan, yang disengketakan kedua negara, pada bulan Juni.

India akhirnya menjalin kerja sama yang lebih erat dengan AS dan negara-negara sekutunya, termasuk Jepang, untuk menyeimbangkan keamanan di kawasan.

Laksamana Muda Jim Kirk, komandan grup tempur Kapal Induk Nimitz menyebut, latihan gabungan dengan Angkatan Laut India itu membantu meningkatkan pertukaran informasi dan pengalaman kedua pasukan.

Baca Juga: Heboh Kue Klepon Dianggap Tak Islami, Netizen +62: Apa karena Ga Pakai Hijab?

Latihan itu digelar di dekat kepulauan Andaman dan Nikobar, India, yang berdekatan dengan Selat Malaka. India mempunyai pangkalan militer di kepulauan tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x