China Murka, Ancam Lakukan 'Serangan Balik Kuat' ke Inggris Soal Ekstradisi Hong Kong

- 21 Juli 2020, 21:53 WIB
London dan Beijing berselisih sejak Cina mengeluarkan undang-undang keamanan baru yang kontroversial untuk bekas koloni Inggris Hong Kong. (Foto: AFP / John D McHugh)
London dan Beijing berselisih sejak Cina mengeluarkan undang-undang keamanan baru yang kontroversial untuk bekas koloni Inggris Hong Kong. (Foto: AFP / John D McHugh) /

GALAMEDIA - Inggris mengatakan akan menangguhkan kesepakatan ekstradisi dengan Hong Kong. Langkah itu diambil setelah China mengumumkan hukum keamanan nasional terhadap bekas koloni Inggris itu.

Namun China rupanya murka dan tak terima dengan pernyataan Inggris. Mereka mengancam akan melakukan "serangan balik yang kuat" untuk merespon pengumuman itu.

"China akan melakukan serangan balik yang kuat terhadap aksi-aksi Inggris yang salah," tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, dalam konferensi pers harian, Selasa, 21 Juli 2020.

Baca Juga: Pewaris Sultan HB II Minta Kembalikan 57.000 Ton Emas yang Dijarah Tentara Inggris

Sebelumnya, pada Senin, 20 Juli 2020, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan pada parlemen bahwa kesepakatan ekstradisi akan segera ditangguhkan dan embargo senjata akan diperluas.

"Kami tidak akan menimbang untuk kembali mengaktifkan kesepakatan-kesepakatan itu, kecuali dan hingga ada perlindungan yang jelas dan kuat, yang dapat mencegah ekstradisi dari Inggris disalahgunakan di bawah undang-undang keamanan nasional yang baru," terang Raab.

China pun tersulut. Mereka mendesak Inggris untuk menghentikan fantasi meneruskan pengaruh kolonial di Hong Kong dan segera mengkoreksi kesalahan.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1441 H Jatuh Pada 31 Juli 2020

Di sisi lain, London telah kecewa dengan tindakan keras di Hong Kong, yang kembali ke bawah pemerintahan China pada tahun 1997. Termasuk juga terhadap persepsi bahwa China tidak jujur sepenuhnya terkait wabah virus corona.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x