Putin Umumkan Penangguhan Nuklir New START, Apa itu Perjanjian Nuklir New START?

- 21 Februari 2023, 21:16 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato tahunannya di hadapan Majelis Federal di Moskow, Rusia, 21 Februari 2023. Sputnik/Dmitry Astakhov/Kremlin via REUTERS
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato tahunannya di hadapan Majelis Federal di Moskow, Rusia, 21 Februari 2023. Sputnik/Dmitry Astakhov/Kremlin via REUTERS /


GALAMEDIANEWS - Presiden Vladimir Putin mengatakan pada hari Selasa, 21 Februari 2023 bahwa Rusia menangguhkan keikutsertaannya dalam perjanjian pengurangan senjata nuklir New START dengan Amerika Serikat, setelah menuduh Barat terlibat secara langsung dalam upaya menyerang pangkalan udara strategisnya.

"Saya terpaksa mengumumkan hari ini bahwa Rusia menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian senjata ofensif strategis," katanya.


Apa itu Perjanjian Nuklir New START?

Ditandatangani oleh Presiden AS saat itu, Barack Obama, dan mitranya dari Rusia, Dmitry Medvedev, pada tahun 2010, Perjanjian START Baru membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dapat dikerahkan oleh Amerika Serikat dan Rusia.

Perjanjian ini mulai berlaku pada tahun 2011 dan diperpanjang pada tahun 2021 selama lima tahun lagi setelah Presiden AS Joe Biden menjabat, dan memungkinkan para inspektur AS dan Rusia untuk memastikan bahwa kedua belah pihak mematuhi perjanjian tersebut.

Di bawah perjanjian itu, Moskow dan Washington berkomitmen untuk mengerahkan tidak lebih dari 1.550 hulu ledak nuklir strategis dan maksimum 700 rudal dan pesawat pengebom jarak jauh.

Baca Juga: Jokowi Sebut Target Normalisasi Sungai Ciliwung Selesai 2024, Netizen: Gubernur Sebelumnya Ngapain Aja

Masing-masing pihak dapat melakukan hingga 18 inspeksi situs senjata nuklir strategis setiap tahun untuk memastikan bahwa pihak lain tidak melanggar batas-batas perjanjian.

Namun, inspeksi di bawah perjanjian itu ditunda pada Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

Pembicaraan antara Moskow dan Washington untuk melanjutkan inspeksi dijadwalkan berlangsung pada November lalu di Mesir, tetapi Rusia menundanya dan kedua belah pihak belum menetapkan tanggal baru.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x