Indonesia Terancam Resesi Seperti Singapura, Pemerintah Jokowi Diminta Perbaiki Kinerja

- 22 Juli 2020, 14:55 WIB
Anggota DPR RI, Anis Byarwati. (Arief/rni/dpr.go.id)
Anggota DPR RI, Anis Byarwati. (Arief/rni/dpr.go.id) /

GALAMEDIA - Sejumlah ekonom memprediksi Indonesia berada di gerbang resesi ekonomi. Sebelumnya, resesi sudah dirasakan oleh Singapura, akibat dari pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya bahkan telah dua kali membeberkan proyeksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Baik dalam kuartal berjalan dan beberapa kuartal ke depan.

Sri Mulyani menegaskan bahwa proyeksi pertumbuhan PDB suram. Kondisi ini mendapat perhatian dari legislator Fraksi PKS, Anis Byarwati.

Baca Juga: Dari Veteran Fenomenal Hingga Maestro Muda, Ballon d'Or 2020 Batal Siapa Saja yang Dibuat Meradang?

Menurut Anis, sebenarnya bukan hanya Indonesia yang diprediksi akan mengalami resesi. Kondisi ekonomi secara global, diprediksi akan mengalami resesi.

"Dunia diprediksi akan mengalami resesi," terang Anis, dikutip dari laman resmi DPR RI, Rabu, 22 Juli 2020.

Anis kemudian memaparkan prediksi pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia. Tahun ini saja, ujar dia, Singapura diprediksi minus 6,8 persen, Malaysia minus 8 persen, Amerika minus 9,7 persen, dan Inggris minus 15,4 persen.

Baca Juga: Didakwa Pasal Berlapis oleh Jaksa, Vicky Prasetyo Ajukan Keberatan

Selain itu, Jerman juga diprediksi minus 11,2 persen, Prancis minus 17,2 persen, dan Jepang minus 8,3 persen. Bahkan, ujar Anis, IMF pun memprediksi output ekonomi dunia tahun ini akan menyusut hampir 5 persen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x