Masjid Agung Cimahi Tidak Gelar Salat Idul Adha

- 22 Juli 2020, 16:04 WIB
Masjid Agung Cimahi.
Masjid Agung Cimahi. /


GALAMEDIA - Masjid Agung Kota Cimahi tidak akan menggelar salat Idul Adha tahun ini, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir. Selain tidak menggelar salat Idul Adha, Masjid yang berlokasi di Jalan Kaum ini juga tidak akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

"Untuk  tahun ini di masjid agung tidak akan dilaksanakan salat Idul Adha, dan juga penyembelihan hewan kurban, untuk menghindari kerumunan," ungkap Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, Rabu, 22 Juli 2020.

Sementara untuk masjid-masjid lain, kata Ajay, boleh melaksanakan salat Idul Adha. Namun dengan menerapkan protokoler kesehatan, untuk menghindari paparan Covid-19.

Baca Juga: Awas Tsunami, Gempa Bumi 7,8 Magnitudo Guncang Alaska

"Untuk masjid-masjid lainnya boleh melaksanakan salat Idul Adha. Tapi harus menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, jaga jarak, dan membawa alas atau sajadah sendiri," terang Ajay.

Ia pun meminta, pelaksanaan salat Idul Adha hanya diikuti oleh warga sekitar, untuk menghindari membludaknya kapasitas masjid. "Kalau bisa hanya untuk warga sekitar saja, seperti salat jumat. Dan pelaksanaan salat hanya di masjid saja, tidak boleh di lapangan karena akan terjadi kerumunan, nantinya susah diatur," tutur Ajay.

Meski boleh menggelar salat Idul Adha, untuk penyembelihan hewan kurban diimbau tidak dilaksanakan di sekitar masjid, termasuk di masjid agung.

Baca Juga: Mahasiswa Indonesia Ikut Kembangkan Vaksin Virus Corona di Universitas Oxford

"Di masjid agung juga peyembelihan hewan kurban tidak ada, disebar. Kemarin kami rapat dinas dihadiri para lurah juga, satu yang wajib itu masyarakat ngga usah tahu peyembelihannya dimana, tapi kupon sudah nyampe ke rumah masing-masing. Dan Pak Lurah nanti atau stafnya atau karangtaruna yang membagikannya. Intinya yang menerima, hewan kurbannya dianterin ke rumahnya," beber Ajay.

Ia pun mengimbau masyarakat yang akan berkurban, tidak menyembelih sendiri hewan kurbannya, karena berpotensi terjadi kerumunan warga. "Jangan disembelih sendiri, nanti terjadi kerumunan. Nanti dihimpun sama pa lurah dan DKM. Masyarakat tidak perlu tahu, yang penting, tahu dagingnya nyampe. Dianjurkan begitu," tuturnya.

Terpisah, Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, untuk mengantisipasi Covid-19, salat Idul Adha tahun ini tidak dilaksanakan di Masjid Agung Kota Cimahi

Baca Juga: Penyediaan infrastruktur Bagi Penyandang Disabilitas di Bandung Masih Rendah

"Karena kondisi wabah Covid belum stabil, kami lebih mengantisipasi. Sama seperti saat Idulfitri, kami tidak melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung," ungkapnya saat dihubungi.

Masjid Agung juga, kata Dadan, tidak akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban untuk menghindari kerumunan. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat yang menitipkan hewan kurban ke masjid Agung untuk disembelih dan dibagikan ke masyarakat cukup banyak.

"Setiap tahun memang cukup banyak yang menitipkan hewan kurbannya ke masjid agung, misalnya di tahun 2018, ada 21 ekor kambing, dan 2 ekor sapi. Sementara tahun lalu, 20 ekor kambing, dan 4 ekor sapi. Untuk tahun ini kita tidak laksanakan. Kalaupun ada yang nitip, akan kami arahkan ke masjid-masjid sekitar," bebernya.

Baca Juga: 65 Persen Aduan Masyarakat Tentang Covid-19 Ternyata Hoaks

Diakuinya, untuk tahun ini belum ada masyarakat yang menitipkan hewan kurbannya. "Tahun ini belum ada yang nitip. Tapi sudah ada beberapa yang nanya. Mungkin karena kami sudah mulai sounding perihal rencana tidak akan menyelenggarakan pemotongan hewan kurban," ujar Dadan yang juga menjabat Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Cimahi.

Terkait tidak diselenggarannya salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, kata Dadan, pihaknya terus mensosialisasikannya kepada masyarakat.

"Sosialisasi baru di medsos. Kita juga akan pasang spanduk. Nanti pada saat salat jumat pun diumumkan lagi," pungkasnya. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x