Elektabilitas PSI Lewati NasDem dan Demokrat, PDIP Masih Paling Top

- 22 Juli 2020, 19:59 WIB
Logo PSI. (YouTube)
Logo PSI. (YouTube) /

GALAMEDIA - Y-Publica merilis hasil survei terbaru mereka terkait dengan elektabilitas partai politik (parpol) di Indonesia. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memiliki lonjakan besar dan bisa mengalahkan partai besar.

"Elektabilitas PSI meningkat dari 2,7 persen pada bulan Maret 2020 menjadi 4,6 persen," jelas Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono dalam siaran persnya, Rabu, 22 Juli 2020.

Y-Publica, ujar Rudi, menilai dalam kurun waktu 4 bulan tidak ada perubahan signifikan dalam peta elektoral dukungan terhadap partai politik.

Baca Juga: DPRD Resmi Berhentikan Bupati Jember karena Dianggap Banyak Melakukan Pelanggaran

Meski begitu, Rudi menyebut masyarakat menganggap PSI aktif bergerak dan bekerja dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.

"Meskipun Pemilu 2024 masih lama, kerja-kerja sosial PSI di lapangan berhasil mendongkrak elektabilitas," tutur dia.

Berdasarkan hasil survei, lanjut Rudi, elektabilitas PDIP masih yang paling top. Partai berlambang Banteng bermoncong putih ini ada di posisi teratas.

Baca Juga: Mengejutkan! Rekan Sekantor Mengaku Tahu Pembunuh Editor Metro TV Yodi Prabowo

Meski begitu, elektabilitasnya sedikit turun dari sebelumnya 30,3 persen menjadi 29,1 persen. Menyusul di bawahnya yaitu Gerindra, turun dari 15,2 persen menjadi 14,5 persen, dan Golkar turun dari 10,3 persen menjadi 8,5 persen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x