Susul Singapura, Korea Selatan Alami Resesi Ekonomi

- 23 Juli 2020, 09:16 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /

GALAMEDIA -  Susul Negara Singapura, Ekonomi Korea Selatan (Korsel) jatuh ke dalam resesi pada kuartal II 2020. Hal itu disebabkan adanya penurunan drastis selama dua dekade dari sisi ekspor.

Melansir Reuters, Kamis (23/7/2020) anjloknya ekspor disebabkan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran virus. Hal itu membuat kinerja industri di negara tersebut menjadi lumpuh.

Bank of Korea menyebutkan, ekonomi Korsel menyusut -3,3 persen. Itu adalah kontraksi paling tajam sejak kuartal pertama 1998. Angka itu juga lebih dalam dari perkiraan jajak pendapat yang digelar Reuters di angka -2,3 persen.

Baca Juga: Deplu AS Sebut Konsulat China di Houston Pusat Pencurian Penelitian dan Spionase

"Sementara pengeluaran konsumen harus secara bertahap pulih, ancaman dari virus tidak mungkin memudar sepenuhnya dan pembatasan jarak sosial mungkin harus tetap dilakukan," kata Ekonom Capital Economics Asia Alex Holmes.

"Sementara itu, permintaan global hanya akan pulih perlahan yang akan membebani pemulihan ekspor," tambahnya

Produk domestik bruto (PDB) Korsel turun 2,9 persen secara year-on-year. Penurunan terbesar sejak kuartal keempat 1998.

Baca Juga: Menteri Pertahanan RI Prabowo Diminta Batalkan Pembelian Jet Tempur Eurofighter Typhoon Bekas

Ekspor, yang menyumbang hampir 40 persen dari ekonomi Korsel, adalah hambatan terbesar dari penyusutan ekonomi ini. Ekspor tercatat turun 16,6% dan menjadi yang terburuk sejak 1963.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x