BPJS Kesehatan Cimahi Perkuat Sinergi Bersama DPRD Kabupaten Bandung Barat

- 23 Juli 2020, 12:15 WIB
(Dok. BPJS Kesehatan Cabang Cimahi)
(Dok. BPJS Kesehatan Cabang Cimahi) /

JAMKESNEWS - BPJS Kesehatan Cimahi melakukan kunjungan kerja sekaligus audiensi untuk memenuhi undangan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat, Selasa (30/6/2020). Pertemuan audiensi tersebut dilakukan untuk membahas mengenai pelayanan kesehatan dan juga progress jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Bandung Barat.

Kunjungan kerja dan audiensi tersebut dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, yang didampingi oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, serta Kepala Bidang Pengawasan, Pemeriksaan, dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cimahi. Robongan diterima oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat bersama seluruh anggota Komisi IV.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Sri Wahyuningsih dengan penyampaian tentang Pelaksanaan Program JKN-KIS salah satunya sistem rujukan online, serta komitmen pelayanan. Pada kesempatan tersebut Sri menjelaskan bahwa pihaknya telah membentuk tim dalam melaksanakan kegiatan forum kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan utama terkait Program JKN-KIS. Ia menyampaikan bahwa agenda forum terselenggara rutin minimal dua kali dalam setahun.

Dalam kegiatan tersebut, BPJS Kesehatan juga memaparkan progress implementasi Program JKN-KIS khususnya di wilayah Kota Cimahi, yang meliputi progress cakupan kepesertaan JKN-KIS, penerimaan iuran peserta, pembayaran terhadap fasilitas kesehatan dan regulasi-regulasi terbaru pemerintah dan BPJS Kesehatan.

“Sistem rujukan ada karena tidak semua penyakit dapat ditangani di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Selain itu jumlah rumah sakit yang terbatas serta penyebarannya belum merata dimana kompetensi setiap rumah sakit tidak sama (jumlah dokter spesialis dan sarana prasarana tidak sama). Hal lainnya adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada peserta sesuai kebutuhan medis berdasarkan fasilitas kesehatan yang tersedia,” ujar Sri.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat, Amung mengatakan bahwa kunjungan kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi ke Komisi IV ini dalam rangka silaturahmi legislatif dan agar Komisi IV lebih mengetahui tentang peraturan dan regulasi tentang Program JKN-KIS, serta koordinasi tentang pelayanan kesehatan terhadap pasien yang berasal dari keluarga kurang mampu khususnya, serta seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

“Kami perlu berkoordinasi untuk mendapatkan masukan, terutama yang kaitannya dengan layanan BPJS Kesehatan terutama di fasilitas kesehatan, juga tentang dinamika peraturan atau regulasi-regulasi yang terus berubah serta permasalahan-permasalahan yang kaitannya dengan BPJS Kesehatan. Inilah tujuan kami mengundang BPJS Kesehatan,” ujar Amung. (dh)***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x