Penumpang Terluka, Jet Tempur Israel Hadang Pesawat Komersial Sipil Saat Terbang di Udara

- 24 Juli 2020, 08:30 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /


GALAMEDIA - Jet tempur Israel dikabarkan mencegat pesawat penumpang Iran Mahan Air saat terbang di langit Suriah, Kamis (23/7/2020) waktu setempat. Akhirnya pesawat ini terpaksa mengubah jalur dalam perjalanannya menuju Beirut, Libanon hingg sejumlah penumpang terluka.

Stasiun televisi pemerintah Iran IRIB menayangkan cuplikan video amatir dari penumpang. Penumpang terlihat berteriak ketika pesawat yang mereka tumpangi tiba-tiba berubah arah.

Video lain yang kemungkinan diambil dari ponsel menunjukkan setidaknya dua jet tempur terbang di samping pesawat komersial itu.

Baca Juga: AS Sebut Organisasinya Telah Dibeli China, Dirjen WHO: Politisasi Covid-19 Harus Dikarantina

"Ketika pesawat (Iran) berada di langit Suriah, jet tempur rezim Zionis mendekati pesawat Mahan Airlines," tulis situs web media Iran seperti dikutip dari AFP.

"Setelah tindakan berbahaya oleh pesawat tempur Israel, pilot pesawat komersial dengan cepat mengurangi ketinggian penerbangan untuk menghindari bertabrakan hingga melukai beberapa penumpang di pesawat."

Laporan IRIB mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan insiden itu provokatif dan sangat berbahaya.

Baca Juga: Kunjungi Negara Turki, Prabowo Subianto Ikut Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia Hari Ini?

Televisi Suriah dan kantor berita resmi SANA, mengutip sumber penerbangan sipil, meyakini jet-jet tempur itu milik pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Mereka mencegat pesawat sipil Iran di wilayah udara Suriah di Tanaf, yang memaksa pilot menurunkan ketinggian drastis hingga menyebabkan penumpang cedera ringan.

Pesawat yang berangkat dari Teheran itu akhirnya melanjutkan perjalanan ke Beirut sesuai jadwal setelah insiden tersebut.

Baca Juga: Tanding Lawan Roy Jones Jr Dalam Usia 54 Tahun, Mike Tyson: I AM Back

Israel telah melancarkan ratusan serangan ke Suriah sejak perang saudara pecah pada 2011 dengan target utama pasukan pemerintah dan Iran, juga kelompok Hizbullah.

Iran memang musuh bebuyutan Israel dan kerap saling mengancam untuk menyerang. Israel mengatakan kehadiran Iran dalam mendukung Assad adalah ancaman bagi negara Yahudi.

Konflik sembilan tahun di Suriah telah menewaskan lebih dari 380.000 orang dan menelantarkan lebih dari setengah populasi negara itu.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x