Presiden Jokowi Melakukan Groundbreaking PLTA Mentarang Induk di Kaltara: Kerja Sama Antara Indonesia-Malaysia

- 1 Maret 2023, 21:34 WIB
Presiden Jokowi groundbreaking proyek PLTA Mentarang Induk PT Kayan Hydropower Nusantara, di Malinau, Kaltara, Rabu (01/03/2023). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Jokowi groundbreaking proyek PLTA Mentarang Induk PT Kayan Hydropower Nusantara, di Malinau, Kaltara, Rabu (01/03/2023). (Foto: BPMI Setpres/Rusman) /

GALAMEDIANEWS - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi hari ini Rabu 1 Maret 2023 menuju Malinau, Kalimantan Utara, ini merupakan kunjungan kerja nya pada hari kedua di Kalimantan Utara (Kaltara).

Presiden Jokowi dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Anang Busra, Tarakan, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 08.00 WITA. Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Malinau adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang yang turut berasam Presiden Jokowi. Sementara itu turut hadir juga Perdana Menteri Sarawak Abdul Rahman Johari dan Ketua Konsorsium Indonesia di PLTA Mentarang Boy Thohir.

Setibanya di Helipad Komplek PLTA Mentarang, Malinau, Presiden akan langsung menuju lokasi peletakan batu pertama atau Groundbreaking Proyek Strategi Nasional (PSN) Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk PT Kayan Hydropower Nusantara.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Laga PERSIB vs PERSIJA Resmi Ditunda!

Presiden Jokowi secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau Groundbreaking proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk PT Kayan Hydropower Nusantara, di Malinau, Kalimantan Utara.

“Hari ini saya sangat, sangat, sangat senang sekali karena PLTA Mentarang Induk dimulai pekerjaannya, dimulai konstruksinya,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya. Selain groundbreaking, Presiden juga akan melakukan peninjauan di PLTA Mentarang Induk.

Presiden juga mengaku gembira karena infrastruktur ini dapat dibangun atas kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. “Dan, yang saya lebih senang karena ini dikerjakan oleh konsorsium Indonesia dan Malaysia, menunjukkan bahwa kita sebagai saudara serumpun betul-betul bisa bekerja sama dengan baik,” ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung proyek pembangunan PLTA ini. “Saya sangat menghargai tokoh-tokoh adat, tokoh-tokoh agama yang ada di Kabupaten Malinau, utamanya suku besar, Suku Dayak yang memberikan dukungan penuh pada proyek ini. Kita harapkan, kita semuanya mendapatkan manfaat yang besar dari proyek terintegrasi yang ada di Mentarang dan yang ada di Kabupaten Bulungan,” ucap apresiasi Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x