AS Copot Lambang di Gedung Konsulat, Warga Chengdu Setuju Pemerintah China Lakukan Aksi Balasan

- 25 Juli 2020, 18:50 WIB
Seorang pria berbicara dengan seorang penjaga keamanan di luar Konsulat Jenderal China di Houston, Texas, Amerika Serikat, Rabu 22 Juli 2020. (REUTERS/Adrees Latif/nz/cfo)
Seorang pria berbicara dengan seorang penjaga keamanan di luar Konsulat Jenderal China di Houston, Texas, Amerika Serikat, Rabu 22 Juli 2020. (REUTERS/Adrees Latif/nz/cfo) /

GALAMEDIA - Amerika Serikat (AS) mulai menurunkan dan mencopot lambang konsulat di dalam kompleks gedung di Chengdu, China. Sementara di luar gedung, penjagaan diperketat pada Sabtu, 25 Juli 2020.

Bersamaan dengan itu, staf di dalam bersiap untuk meninggalkan konsulat menyusul perintah penutupan yang dikeluarkan oleh Pemerintah China sehari sebelumnya.

Anggota kepolisian, termasuk sejumlah orang tak berseragam, melakukan penjagaan tepat di luar gedung. Mereka juga menutup jalanan sekitar. Sementara beberapa kendaraan konsulat terlihat keluar masuk.

Baca Juga: Kabar Mengejutkan, Legenda Barcelona Positif Covid-19!

Namun hingga berita ini diturunkan, baik pihak Konsulat AS di Chengdu maupun Kedutaan Besar AS di Beijing belum memberikan keterangan mengenai hal ini.

Penutupan konsulat AS tersebut merupakan aksi balasan terhadap penutupan konsulat China di Houston, AS, yang lebih dulu dilakukan.

Aksi saling menutup kantor perwakilan itu menambah ketegangan relasi kedua negara di tengah sejumlah konflik yang terjadi.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebut konsulat China telah menjadi "sebuah pusat pengintaian dan pencurian kekayaan intelektual."

Baca Juga: Kasus Positif Hari Ini Mencapai 97.286, Erick Thohir: Masih 6-7 Bulan Lagi Kita Harus Hadapi Corona

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x