Jangan Lewatkan Program Mudik Motor Gratis 2023, Tersedia untuk 10.440 Sepeda Motor dan 46.720 Penumpang

- 2 Maret 2023, 14:46 WIB
Pemerintah siapkan program mudik motor gratis tahun 2023./mudikgratis.dephub.co.id
Pemerintah siapkan program mudik motor gratis tahun 2023./mudikgratis.dephub.co.id /

GALAMEDIANEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menyelenggarakan program mudik motor gratis (Motis) untuk musim lebaran 2023.

"Jadi 40 hari lagi kita akan menghadapi Lebaran. Untuk itu, DJKA akan menyelenggarakan program mudik motor gratis," kata Direktur Perkeretaapian dan Transportasi DJKA Djarot Tri Wardhono.

"Kami pasti akan mengalihkan penggunaan sepeda motor di jalan raya ke angkutan kereta api," lanjut dia dalam diskusi 'Pengembangan Stasiun Manggarai dan Program Motis Tahun 2023' di gedung Kementerian Perhubungan Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga: Sinopsis Film Resident Evil 2002, Bioskop Trans TV Kamis, 2 Maret 2023: Perjuangan Melawan Pasukan Zombie

Program mudik motor gratis (Motis) 2023 ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan dari sisi keselamatan, dan tingkat kelelahan pengendara motor yang melakukan mudik di musim lebaran 2023

Dia mengatakan, program mudik motor gratis (Motis) 2023 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena kereta penumpang akan terhubung langsung dengan rangkaian kereta barang yang membawa motor penumpang.

"Jadi sepeda motor bisa pulang dengan orangnya, sepeda motor di gerbong barang dan orangnya di gerbong penumpang," katanya.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana sepeda motor dan gerbong penumpang menggunakan kereta yang berbeda. Empat kereta penumpang ini terhubung dengan tiga kereta barang yang mengangkut sepeda motor, ini yang membedakan Motis tahun lalu dengan Motis tahun ini," papar Djarot.

Perbedaan kedua, program Motis tahun 2023 juga akan dimulai dari wilayah barat pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Usman Alwasim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x