Selamat ! Kota Bandung Berhasil Meraih Dua Penghargaan Adipura 2022 dari KLHK

- 2 Maret 2023, 18:05 WIB
Kota Bandung raih penghargaan sertifikat dan plakat Adipura/ Instagram @humas_bandung
Kota Bandung raih penghargaan sertifikat dan plakat Adipura/ Instagram @humas_bandung /
GALAMEDIANEWS - Kota Bandung meraih penghargaan dan sertifikat plakat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sertifikat Adipura diraih Kota Bandung untuk kategori Metropolitan. Sementara, plakat Adipura diperoleh untuk kategori Hutan Kota Terbaik yaitu Hutan Kota Babakan Siliwangi.

 

 
Proses penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar. Penghargaan diserahkan kepada Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang diwakili oleh Dudy Prayudi selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung.
 
Agenda berlangsung pada hari Selasa, 28 Februari 2023 dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Sebagaimana ditulis di situs bandung.go.id, portal resmi Kota Bandung.
 
Terkait hal tersebut, Yana Mulyana mengatakan hasil yang diperoleh merupakan andil dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung atas kerja kerasnya dalam penanganan masalah sampah selama tahun 2022. Ia pun menaruh harapan, sertifikat Adipura menjadi pendorong bagi seluruh warga untuk merawat kebersihan. 
 
 

 

 
"Dengan demikian warga tidak hanya berbenah tetapi juga harus ikut serta tidak membuang sampah sembarangan agar Kota Bandung semakin baik ke depannya," ujarnya, Rabu 1 Maret 2023, dan dikutip pada Kamis. 
 
Sedangkan, Dudy Prayudi mengatakan, pemberian penghargaan Adipura yakni untuk kota yang mengalami peningkatan dari segi manajemen sampah berdasarkan rentang waktu sebelumnya. Maka, Kota Bandung dianggap baik dalam tata kelola sampah. 
 
"Alhamdulillah Kota Bandung dengan gerakan Kang Pisman dan berbagai pengelolaan sampah berbasis kawasan yang telah mengelola sampah dengan baik menjadikan Kota Bandung mendapatkan sertifikat Adipura," tuturnya.
 

 

Dudi menambahkan, untuk saat ini Kota Bandung tidak mempunyai Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Oleh karenanya, manajemen pengelolaan sampah dari hulu perlu digencarkan melalui kegiatan Kang Pisman. 
 
"Kita menggiatkan Kang Pisman yang telah diketahui seluruh lapisan masyarakat, diharapkan masyarakat skala RW menggiatkan gerakan Kang Pisman. Salah satunya dengan adanya Kang Pisman Award untuk menstimulasi agar masyarakat mau mengelola sampah mandiri dengan ini kawasan bebas sampah akan terus bertambah," katanya.
 
 

 

Tidak hanya itu, Dudi menuturkan agar mengubah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang pada awalnya sebagai tempat menampung supaya menjadi tempat kelola dan nantinya berdampak terhadap kuantitas sampah. Ia mengungkapkan, "Sehingga dapat mengurangi volume sampah dan permasalahan sampah bisa ditanggulangi".
 
Ia menambahkan, Pemkot Bandung berjanji akan selalu melakukan tindakan untuk peningkatan pengelolaan sampah dan menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat agar memelihara kebersihan Kota Bandung. 
 

 

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x