TikTok Batasi Pengguna Anak Remaja, Tak Bisa Bebas Akses Konten dan Waktu Penggunaan Terbatas

- 3 Maret 2023, 20:43 WIB
Ilustrasi aplikasi TikTok.
Ilustrasi aplikasi TikTok. /Pexels/cottonbro studio/

GALAMEDIANEWS - Aplikasi berbagi video pendek asal China, TikTok kini mulai membatasi konten bagi pengguna remaja.

TikTok kini tengah mengembangkan alat yang memungkinkan orang tua untuk mencegah anak remajanya mengakses konten tertentu pada platform tersebut.

Pengembangan fitur kontrol orang tua saat ini masih dalam tahap awal dan aplikasi akan berkonsultasi dengan organisasi pengasuhan anak, pemuda dan organisasi masyarakat sipil untuk merancang alat tersebut, kata TikTok, seperti dilaporkan Reuters, Jumat, 3 Maret 2023.

Dengan begitu, nantinya orang tua bisa menggunakan alat tersebut supaya anak remaja tidak bisa melihat konten dengan kata atau tanda pagar tertentu.

Tak hanya itu, TikTok juga mengumumkan fitur baru untuk membantu pengguna membatasi jumlah waktu yang mereka habiskan pada aplikasi.

Sehingga akun milik pengguna di bawah 18 tahun secara otomatis memiliki batas waktu satu jam per hari dan remaja harus memasukkan kode sandi untuk lanjut menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Attack on Titan Final Season Bagian 3, Eren Yeager Ratakan Daratan Marley

Apabila pemilik akun memilih untuk menghapus batas harian dan menggunakan TikTok selama lebih dari 100 menit per hari, aplikasi akan menampilkan peringatan yang meminta mereka untuk menetapkan batas waktu.

"Sekarang, orang tua dapat menetapkan batas waktu penggunaan TikTok bagi anak remaja mereka," kata perusahaan asal China itu.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x