Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Untuk Cari Solusi Terbaik Terkait Kebakaran TBBM Pertamina Plumpang

- 5 Maret 2023, 18:56 WIB
Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk cari solusi terbaik terkait Kebakaran TBBM Pertamina saat meninjau posko pengungsian di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan, Jakarta, Minggu (05/03/2023)/BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk cari solusi terbaik terkait Kebakaran TBBM Pertamina saat meninjau posko pengungsian di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan, Jakarta, Minggu (05/03/2023)/BPMI Setpres/Laily Rachev /


GALAMEDIANEWS - Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk segera mencari solusi atas kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Perintah  tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai meninjau titik pengungsian di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rasela, Rawa Badak Selatan, Jakarta pada Minggu 5 Maret 2023.

"Saya sudah perintahkan Menteri BUMN dan Gubernur DKI Jakarta untuk segera mencari solusi atas kejadian di Plumpang. Terutama karena memang itu daerah yang berbahaya, sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditinggali, tapi harus dicarikan solusinya," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Pengungsian Korban Kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang

Menurut Presiden Jokowi, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan untuk mengatasi insiden tersebut, mulai dari merelokasi TBBM hingga merelokasi warga di sekitar TBBM Pertamina.

Presiden Jokowi juga mengarahkan agar pihak-pihak terkait segera mengambil keputusan dalam waktu dekat.

"Ini segera diputuskan sehari, dua hari ini, oleh Pertamina dan Gubernur DKI Jakarta sehingga solusinya menjadi jelas.,” ungkap Presiden.

Tidak hanya TBBM Pertamina Plumpang, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa seluruh zona berbahaya di Indonesia harus dilakukan evaluasi dan audit. Hal ini penting karena berkaitan dengan keselamatan masyarakat.

"Harus dievaluasi semuanya karena menyangkut nyawa. Jadi sudah saya perintahkan semuanya mengenai itu,” Ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: KONSER DEWA 19 di Bandung Malam Ini, Bertajuk Pesta Rakyat, Disambut Antusiasme Baladewa

Presiden juga mengungkapkan bahwa sebelumnya ada rencana untuk membuat buffer Zone atau zona penyanggah antara pemukiman penduduk dan TBBM Pertamina Plumpang di Jakarta Utara dengan lebar 50 meter. Namun, rencana tersebut tidak jadi dilaksanakan karena tidak memberikan solusi bagi warga sekitar.

"Tanah Merah itu padat penduduk dan ramai, semua harus dicarikan solusi. Saya rasa keamanan dan keselamatan masyarakat harus menjadi perhatian utama,"  katanya ***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x