China Umumkan Penutupan Konsulat AS di Chengdu, Akses di Sekitar Lokasi Dibatasi

- 27 Juli 2020, 14:02 WIB
Sejumlah penduduk berkumpul di area yang ditutup oleh polisi di sekitar Konsulat Jenderal AS di Chengdu, provinsi Sichuan, China, Senin, 27 Juli 2020, setelah China meminta agar konsulat itu ditutup menanggapi permintaan pemerintah AS agar China menutup konsulatnya di Houston.(Antara/Reuters-Thomas Peter/hp)
Sejumlah penduduk berkumpul di area yang ditutup oleh polisi di sekitar Konsulat Jenderal AS di Chengdu, provinsi Sichuan, China, Senin, 27 Juli 2020, setelah China meminta agar konsulat itu ditutup menanggapi permintaan pemerintah AS agar China menutup konsulatnya di Houston.(Antara/Reuters-Thomas Peter/hp) /

GALAMEDIA - Pemerintah China melalui Kementerian Luar Negeri mengumumkan penutupan Konsulat AS di Chengdu, Senin, 27 Juli 2020. Penutupan dilakukan sekitar pukul 10 pagi waktu setempat.

Langkah yang dilakukan merupakan tindaklanjut dari perintah China agar konsulat itu ditutup. Itu merupakan tidakan balasan atas penutupan konsulat China di Houston.

Selama proses penutupan dilakukan, polisi di kota Chengdu, membatasi akses ke wilayah di sekitar konsulat AS pada Senin pagi.

Baca Juga: Sekolah di 266 Kecamatan di Jabar Bakal Kembali Dibuka, Siswa Segera Belajar Tatap Muka

Empat pejabat dengan alat pelindung diri terlihat berjalan menuju konsulat sekitar pukul 10.24 pagi waktu setempat. Beijing belum mengumumkan batas waktu kapan konsulat di Chengdu harus ditutup.

Sebelumnya, Staf Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Kota Chengdu mengakhiri proses pengosongan ruangan, Minggu, 26 Juli 2020. Selama pengosongan berlangsung, aparat keamanan memperketat penjagaan di luar bangunan.

Puluhan polisi berseragam dan berpakaian preman berbaur dengan warga melihat pengosongan kantor konsulat dari jalanan yang dipenuhi dengan pepohonan di tengah cuaca yang panas.

Baca Juga: Nia Ramadhani Kembali Bikin Heboh, Enggak Tahu Bentuk Markisa!

Ditulis Antara, penutupan kantor konsulat China di Houston dan konsulat AS di Chengdu kian memperburuk hubungan dua adidaya ekonomi dunia tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x