B 21 Raider, Pembom Mematikan di Masa Depan

- 8 Maret 2023, 21:39 WIB
B-21 Raider
B-21 Raider /USAF/

GALAMEDIANEWS - Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) telah memperkenalkan pesawat pengebom siluman (stealth bomber) terbarunya berteknologi termutakhir yaitu B 21 Raider. Pesawat ini dapat membawa senjata nuklir dan dirancang untuk terbang tanpa awak.

Dilansir dari berbagai sumber, Pesawat pembom siluman terbaru Amerika Serikat, Northrop Grumman B-21, telah membuat debut publiknya pada 2 Desember 2022, setelah bertahun-tahun pengembangannya dilakukan secara rahasia. B-21 Raider adalah pembom Angkatan Udara AS baru yang disebut sebagai pesawat militer tercanggih yang pernah dibuat oleh perusahaan Northrop Grumman.

B-21 Raider ini dibuat selama tujuh tahun, menelan biaya sekitar $ 700 juta per pesawat dan secara bertahap akan menggantikan pesawat B-1 Lancer dan B-2 Spirit yang telah digunakan sejak Perang Dingin. Sehingga, B-21 Raider ini sebagai pesawat pengebom siluman generasi ke-6 ini akan menjadi tulang punggung Angkatan Udara AS.

Baca Juga:  Update Harga Tiket Suzume no Tojimari di Bioskop Indonesia Terbaru Lengkap dengan Jadwal Tayang dan Sinopsis

Dilansir dari berbagai sumber, baru – baru ini Angkatan Udara AS (USAF) merilis gambar yang memperlihatkan sosok B-21 dari tampak depan atas secara utuh, dan foto bagian-bagian detail pesawat.

Perusahaan Northrop Grumman mengatakan bahwa saat ini enam pesawat sedang dalam tahap perakitan dan pengujian sebagai bagian dari rencana Angkatan Udara AS yang membeli setidaknya 100 pesawat B-21 Raider. Diantara kemampuannya, Pesawat B-21 Raider ini dirancang dengan arsitektur terbuka, sehingga memungkinkan untuk ditingkatkan lebih mudah dan lebih cepat.

Meskipun telah diluncurkan pada Desember tahun lalu, penerbangan perdana B-21 baru akan dilaksanakan pada akhir 2023 ini. Northrop Grumman membangun sebanyak enam prototipe B-21, yang akan digunakan untuk uji coba secara berkelanjutan hingga pesawat siap untuk masuk jalur produksi.

Baca Juga: BOGOR BERPRESTASI! 19 SMA Negeri dan Swasta Terbaik di Kota Bogor Diambil dari Total Nilai UTBK dan LTMPT

Pesawat B-21 Raider ini dicanangkan untuk menggantikan armada pembom strategis B-1 Lancer dan B-2 Spirit. Rencana nya Angkatan Udara Amerika Serikat akan menggunakan Pesawat pembom terbaru ini mulai tahun 2030-an.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Airspace Review


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x