Anggota DPR Ini Sebut Kasus Rafael  Alun Trisambodo Menjadi Pelajaran Bagi Pejabat Agar Hidup Sederhana

- 9 Maret 2023, 07:40 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menyebut Kasus Rafael Alun Trisambodo menjadi pelajaran berharga
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menyebut Kasus Rafael Alun Trisambodo menjadi pelajaran berharga /ANTARA/

GALAMEDIANEWS - Taufik Basari, Anggota Komisi III DPR RI, mengatakan bahwa kasus yang menyeret Rafael Alun Trisambodo (RAT) merupakan pelajaran berharga bagi para pelayan publik untuk menunjukkan kepada masyarakat  pola  hidup sederhana.

"Kasus  Rafael Alun Trisambodo (RAT) ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi kita semua untuk mengedepankan pola hidup sederhana yang ditunjukkan oleh para pelayan publik," kata Taufik di Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, pada hari Rabu.08 Maret 2023

Lebih lanjut Taufik mengatakan pola hidup sederhana pegawai pemerintah penyelenggara negara harus digalakkan karena terkait dengan kepercayaan masyarakat terhadap otoritas yang bertanggung jawab mengatur negara.

Ia kemudian mencontohkan pegawai pajak di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan, seperti Rafael, yang dipercaya masyarakat untuk mengurus surat pemberitahuan (SPT) pajak yang mereka laporkan.

Baca Juga: GEGER, Mahfud MD Sebut Ada Transaksi Mencurigakan Senilai Rp300 Triliun di Kementerian Keuangan

Baca Juga: Wow, KPK Ungkap 134 Pegawai Pajak Memiliki Saham di 280 Perusahaan Konsultan Pajak

Menurut anggota Komisi III DPR ini, perilaku ASN harus mencerminkan integritas. Oleh karena itu, lanjutnya, jika ASN menunjukkan gaya hidup mewah, maka dapat menimbulkan pertanyaan publik dan goyahnya kepercayaan masyarakat yang akan berdampak pada bidang yang dikelolanya itu sendiri

"Nah, itu pada akhirnya akan menyulitkan administrasi pajak negara itu sendiri," kata Tobas, sapaan akrab Taufik Basari.

Namun, ia mengatakan bahwa bukan berarti pegawai negeri tidak boleh memiliki penghasilan yang besar, yang bisa berasal dari bisnis atau warisan keluarga, tetapi pegawai negeri tidak boleh menggunakan kekuasaan untuk memperkaya diri sendiri.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x