Hasil Swab Wawali Kota Solo Ternyata Tidak Terdeteksi SARS-Cov 2

- 28 Juli 2020, 21:15 WIB
 Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Solo, Ahyani, menjelaskan soal hasil test swab Wawali Kota Solo, Achmad Purnomo
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Solo, Ahyani, menjelaskan soal hasil test swab Wawali Kota Solo, Achmad Purnomo /Tok Suwarto/

GALAMEDIA - Wakil Wali (Wawali) Kota Solo, Achmad Purnomo sepulang dari menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, tanggal 23 Juli 2020 lalu dinyatakan positif Covid 19. Menurut hasil test swab yang dikeluarkan Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu disebutkan tidak terdeteksi (Covid 19).

Berdasarkan hasil swab nomor 2007240119 tertanggal 24 Juli 2020 yang ditandatangani dokter Eddy Burhan dan fotonya dikirim ke sejumlah pejabat, termasuk Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, dicantumkan "Hasil tidak terdeteksi, tidak menyingkirkan dugaan infeksi SARS-Cov 2".

Baca Juga: Cegah Kepadatan, Pengunjung Lembang Park and Zoo Diminta Datang Saat Weekdays

Achmad Purnomo menyatakan, menurut hasil swab nasofaring yang menunjukkan negatif tersebut, dia dianggap sembuh karena tidak terdeteksi Covid 19.

"Hasil test swab dari rumah sakit menyebutkan tidak terdeteksi, berarti negatif. Hasil pemeriksaan tersebut saya kirim kepada para pejabat, termasuk Pak Wali Kota dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo," ujar Achmad Purnomo, Selasa, 28 Juli 2020.

Wakil Wali Kota Solo itu mengetahui hasil swab, katanya, karena diantarkan petugas RS Kasih Ibu ke rumah pribadinya di Jln. Bhayangkara, Solo, pada Senin, 27 Juli 2020 malam. Begitu menerima kepastian hasil swab yang sempat membuat Wali Kota Solo beserta keluarga, para pejabat Pemkot Solo, anggota DPRD dan puluhan wartawan yang pernah kontak harus melakukan test swab, Achmad Purnomo langsung membagikan ke sejumlah pejabat Pemkot Solo lewat WA.

Baca Juga: Kota Tasikmalaya Nol Pasien Covid-19, Warga Diminta Tetap Waspada dan Jaga Protokol Kesehatan

Meskipun Achmad Purnomo dianggap sembuh dan dinyatakan tidak terdeteksi infeksi virus corona, dia belum ingin aktif berkantor kembali di Balai Kota Solo. Dia sementara ini akan beristirahat dahulu dalam beberapa hari mendatang.

Wali Kota Solo bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, dokter Siti Wahyuningsih, Selasa, juga memberikan keterangan pers secara daring terkait hasil test swab Wawali Kota Solo, Achmad Purnomo. Keduanya bersyukur karena meskipun hasil swab belum seluruhnya diumumkan, namun dalam istilah FX Hadi Rudyatmo semua kosong kosong alias hasilnya semua negatif.***

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x