27 Kecamatan di Garut Masuk Zona Hijau, Sejumlah Sekolah Siapkan KBM Tatap Muka

- 28 Juli 2020, 21:39 WIB
Kadisdik Kabupaten Garut
Kadisdik Kabupaten Garut /Agus Somantri/


GALAMEDIA - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut saat ini sudah berada dalam zona hijau. Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XI Garut pun tengah mempersiapkan pembukaan sekolah tatap muka untuk tingkat SMA/SMK.

Kepala KCD Wilayah XI Garut, Asep Sudarsono mengatakan saat ini, pihaknya tengah membuat instrumen untuk memeriksa kesiapan sekolah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka. Sesuai prosedur, harus ada izin dari orang tua dan kesiapan dari sekolah itu sendiri.

"Sarana di sekolah juga harus betul-betul disiapkan, terutama yang berkaitan dengan protokol kesehatan. Selain itu, SDM (sumber daya manusia) dan kurikulum akan diverifikasi dulu," ujarnya, Selasa 27 Juli 2020.

Baca Juga: Kasus Pembangunan Jalan Poros Tengah Terus Berlanjut, Ini Tiga Tuntutan KPC

Menurut Asep, saat ini di Kabupaten Garut ada 27 kecamatan yang masuk zona hijau. Namun meski ada di zona hijau, tidak berarti semua sekolah bisa melakukan KBM dengan cara tatap muka. Ada syarat yang harus dipenuhi.

"Harus dipastikan dulu ke sekolah, apakah siap lakukan AKB (adaptasi kebiasaan baru). Soalnya itu penting untuk mencegah penyebaran Covid-19," ucapnya.

Asep menuturkan, sedikitnya perlu waktu tiga pekan untuk merekap kesiapan sekolah. Ia pun mengaku masih harus menunggu instruksi dari Pemprov Jabar terkait kemungkinan pembukaan sekolah.

Baca Juga: Hasil Swab Wawali Kota Solo Ternyata Tidak Terdeteksi SARS-Cov 2

"Kami juga harus koordinasi dengan Pemkab. Nanti analisis siswa berasal dari mana untuk pemetaannya," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X