Lima Mantan Kakanwil Kemenag Jabar Dihadirkan di Acara Pembinaan Karyawan

- 28 Juli 2020, 21:54 WIB
Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat.
Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat. /

GALAMEDIA - Nuansa berbeda dihadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat, DR. K.H. Adib, M.Ag., dalam pembinaan kepegawaian yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Grand Pasundan, Jln. Peta, Kota Bandung, Selasa, 28 Juli 2020. Pasalnya, selain karyawan Kanwil Kemenag, ikut dihadirkan pula lima Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat yang menjabat pada eranya.

Sebab itu, nuansa istimewa sangat terasa dalam pembinaan kepegawaian kali ini. Bahkan, kelima mantan kakanwil kemenag ini sengaja diundang dan dihadirkan untuk memberikan arahan sekaligus nasihat bagi pegawai di lingkungan Kementerian Agama Jawa Barat. Kegiatan ini juga merupakan aktivitas perdana bagi H. Adib sejak menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat.

Baca Juga: Bersama Siap Hadapi 'Perang', China-Rusia Sepakat Jalin Kerjasama

Adapun kelima mantan kepala kemenag Provinsi Jabar yang hadir, yaitu K.H. Yusuf Sodik (2001-2004), K.H. Iik Makib (2004-2006), K.H. Muhaemin Luthfi (2006-2010), K.H. Saeroji (2010-2014), dan K.H. A. Buchori (2014-2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan sekaligus mempererat tali silaturahmi di antara keluarga besar Kementerian Agama Jawa Barat. Demikian yang diungkap Kepala Bagian Tata Usaha, H. A Handiman Romdony, pada laporannya.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasih sebesar-sebesarnya kepada para mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat yang telah bersedia datang dan memenuhi undangan.

Baca Juga: Ganti Pangkostrad, Panglima TNI Mutasi Sebanyak 181 Perwira Tinggi

Menyikapi pergantian pimpinan, Romdony, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sinergitas antara pimpinan yang baru dengan jajaran pegawai di bawahnya.

"Semoga dengan pembinaan kepegawaian yang rutin dilaksanakan akan menciptakan sumber daya manusia yang profesional, handal, berkarakter, berkepribadian serta bermoral yang tinggi," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat, H. Adib, memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini.

Baca Juga: Tak Ingin Beri Hadiah Donald Trump, Kim Jong-un Nyatakan Korea Utara Jadi Negara Nuklir

"Saya ucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini sehingga saya bisa bersilaturahmi dengan para Kepala Kanwil senior dan bapak ibu pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Agama Jawa Barat," ucapnya dengan bahagia.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi secara khusus kepada para Kepala Kanwil senior yang telah bersedia hadir, dan memberikan arahan serta nasihat untuk pegawai di lingkungan Kemenag Jawa Barat.

Adib menilai bahwa Kementerian Agama Jawa Barat merupakan Kementerian Agama yang sangat istimewa.

"Dimulai dari posisinya sebagai salah satu provinsi penyangga ibukota dan potensi Jawa Barat yang sangat banyak dimulai dari kehidupan beragama dan pendidikan keagamaannya," tuturnya.

Baca Juga: Tak Ingin Beri Hadiah Donald Trump, Kim Jong-un Nyatakan Korea Utara Jadi Negara Nuklir

Potensi yang handal ini, lanjutnya, dapat dimanfaatkan dengan tata kelola manajemen sumber daya manusia yang profesional sehingga dapat meningkatkan prestasi.

"Tentunya tata kelola tersebut harus diikuti dengan pengelolaan yang khusus dan intens serta komitmen dalam pelaksanaannya," ujar Adib.

Maka dari itu, tambahnya, sudah menjadi tugas pegawai Kementerian Agama Jawa Barat untuk dapat melanjutkan perjuangan para senior kita ini dengan meningkatkan dan mengembangkan prestasi Kementerian Agama Jawa Barat.

Baca Juga: China, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab Berlomba ke Planet Mars, Ada Apa Ya?

Pada kesempatan itu, Adib juga menegaskan tentang pentingnya pengisian kekosongan jabatan eselon III dan IV yang akan diadakan melalui assessment, serta akan pula dilakukan rolling bagi pejabat lama.
“Apalagi yang sudah menjabat di atas empat tahun,” ungkapnya.

Setelah sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, H. Adib, acara pun dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan 5 Kepala Kantor Wilayah yang menjabat pada perodenya tersebut.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x