Karena AUKUS, Australia Akan Borong 5 Kapal Selam Nuklir Buatan Amerika Serikat

- 9 Maret 2023, 14:43 WIB
Ilustrasi kapal selam.
Ilustrasi kapal selam. /Twitter US Navy Europe/

GALAMEDIANEWS - Negara tetangga Indonesia yaitu Australia diperkirakan akan membeli hingga lima kapal selam bertenaga nuklir buatan Amerika Serikat. Australia diperkirakan akan membeli Kapal Selam Nuklir kelas Virginia pada tahun 2030.

Dilansir dari laman berita Reuters, menurut Pejabat dari Amerika Serikat pada hari Rabu 08 Maret 2023 menyatakan bahwa pembelian Kapal Selam Australia ini sebagai bagian dari perjanjian pertahanan penting antara Washington, Canberra dan London.

Perjanjian tersebut yang dikenal sebagai pakta AUKUS atau Australia, United Kingdom, and United States. Dilansir dari laman berita Reuters, menurut Pejabat dari Amerika Serikat itu menjelaskan bahwa perjanjian ini akan memiliki beberapa tahap dengan setidaknya satu kapal selam Amerika Serikat itu yang dikirim ke Australia dan berakhir pada akhir tahun 2030 dengan kapal selam kelas baru yang dibangun dengan desain Inggris dan teknologi Amerika.

Baca Juga: Mang Uprit, Petani Murka di Ranca Upas Bandung Diperiksa Polisi, Kang Dedi Mulyadi Dampingi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menjamu para pemimpin Australia dan Inggris di San Diego pada hari Senin Depan untuk membahas jalan ke depan dalam penyediaan kapal selam bertenaga nuklir dan persenjataan berteknologi tinggi lainnya ke Australia.

Dalam pengadaan Kapal Selam Australia ini, China mengutuk upaya sekutu Barat, yang berusaha untuk melawan pembangunan militer China, tekanan terhadap Taiwan dan penempatan yang semakin berotot di Laut China Selatan yang sedang diperebutkan.

Australia sendiri memiliki armada yang terdiri dari enam Kapal Selam Kelas Collins bertenaga konvensional, yang masa kerjanya akan diperpanjang hingga 2036. Penggunaan Kapal selam nuklir ini diharapkan dapat bertahan di bawah air lebih lama daripada kapal selam konvensional dan lebih sulit dideteksi.

Baca Juga: Harga Tiket dan Sinopsis Suzume no Tojimari di Bioskop CGV, Cinepolis dan Flix Cinema: Ini Jadwal Tayangnya!

Di bawah kesepakatan AUKUS awal yang diumumkan pada tahun 2021, Amerika Serikat dan Inggris setuju untuk memberi Australia teknologi dan kemampuan untuk mengerahkan Kapal Selam bertenaga Nuklir. Hal ini sebagai bagian dari upaya bersama untuk melawan meningkatnya ancaman dan pengaruh yang ditimbulkan oleh China di kawasan Indo-Pasifik.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x