Keanu Reeves Menginspirasi Ilmuwan, Beri Nama Bakteri Pembunuh Jamur 'Keanumycins'

- 9 Maret 2023, 18:04 WIB
Keanu Reeves aktor di Film John Wick./ Instagram @johnwickmovie
Keanu Reeves aktor di Film John Wick./ Instagram @johnwickmovie /

GALAMEDIANEWS -Keanu Reeves telah memainkan banyak peran seperti John Wick dan Neo — dan sekarang dia juga menjadi bakteri. 

 

 
Mengutip dari New York Post, para ilmuwan di Jerman menemukan senyawa pembunuh jamur yang efektif dan sangat mematikan sehingga mereka menamakannya "keanumycins", terinspirasi dari nama aktor tersebut.
 
"Lipopeptida membunuh dengan sangat efisien sehingga kami menamainya dengan nama Keanu Reeves karena dia juga sangat mematikan dalam perannya, ”ujar penulis pendamping studi Sebastian Götze, seorang peneliti dari Leibniz Institute for Natural Product Research and Infection Biology (Leibniz-HKI).

 

 
Keanumycins, ditemukan pada bulan lalu, ternyata efektif melawan penyakit jamur tanaman dan jamur patogen manusia.
 
Senyawa - molekul yang ditemukan dalam bakteri yang disebut lipopeptida — dapat memberikan alternatif ramah lingkungan untuk pestisida kimia, menurut penelitian yang diterbitkan baru-baru ini di Journal of the American Chemical Society. Keanumycins juga biodegradable dan tidak berbahaya bagi tanaman.
 
Para peneliti menguji bakteri Keanu pada hydrangea yang terinfeksi Botrytis cinerea, hama tanaman yang memicu kebusukan jamur dan umumnya menginfeksi buah dan sayuran hingga akhirnya menyebabkan kerusakan ketika panen.

 

 
Mereka juga menguji senyawa tersebut terhadap jamur yang berbahaya bagi manusia, seperti Candida albicans, dan menemukan bahwa bakteri mematikan tersebut menghambat jamur dan aman bagi manusia.
 
"Kami mengalami krisis anti-infeksi. Banyak jamur patogen manusia sekarang  kebal terhadap antimycotics (antijamur) – sebagian disebabkan karena mereka digunakan dalam jumlah besar di bidang pertanian,” kata Götze. 
 
 
Infeksi jamur telah menjadi topik besar dalam budaya pop akhir-akhir ini berkat serial HBO "The Last of Us", yang menunjukkan bahwa infeksi jamur sulit diobati - tetapi bukan berarti tidak mungkin.
 
Bakteri yang berasal dari nama Keanu Reeves ini adalah "kandidat awal yang baik untuk pengembangan obat anti jamur," dan bisa menjadi kandidat potensial baru untuk anti jamur, yang permintaannya tinggi karena hanya ada sedikit obat melawan infeksi jamur yang tersedia. Para peneliti pun akan melakukan pengujian lebih lanjut terhadap keanumycins.

Respon Keanu Reeves

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: New York Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x