China Sebut AS Semena-mena, Siap Bertindak Tegas untuk 'Berikan Pelajaran'

- 29 Juli 2020, 11:27 WIB
Dokumentasi - Menteri Luar Negeri sekaligus anggota Dewan Negara China Wang Yi (kanan) bersama Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian. (Antara/HO-MFA/mii)
Dokumentasi - Menteri Luar Negeri sekaligus anggota Dewan Negara China Wang Yi (kanan) bersama Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian. (Antara/HO-MFA/mii) /

GALAMEDIA - China akan bersikap tegas dan rasional menghadapi sikap Amerika Serikat yang semena-mena. Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri sekaligus anggota Dewan Negara China, Wang Yi saat berdiskusi melalui telepon dengan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian, Selasa, 28 Juli 2020.

Menurut Wang Yi, hubungan China-AS saat ini telah menjadi sumber keprihatinan bagi komunitas internasional. Perkembangan seperti itu, lanjut dia, dipicu oleh faksi politik tertentu di AS.

Baca Juga: Wulan Guritno Ngaku Lebih Keren Pakai Jersey Persib, Bobotoh Langsung Auto Follow

Faksi itu, sebut dia, ada dalam kampanye mempertahankan hegemoni unipolar dengan mengabaikan sejarah hubungan dengan China. Bahkan berupaya menekan China dari berbagai sisi, memprovokasi China, dan menyerang sistem sosial yang dipilih rakyat China.

"Serta menjelek-jelekkan partai yang berkuasa dalam kaitan yang tidak terpisahkan dengan rakyat China," tegas Wang Yi.

"Mereka telah mengabaikan norma dasar dalam interaksi antarnegara," tambah dia dalam keterangan tertulisnya, ditulis Antara, Rabu, 29 Juli 2020.

Baca Juga: KPK Jebloskan Mantan Bupati Indramayu Supendi ke Lapas Sukamiskin

Atas kondisi itu, Wang Yi menyampaikan tiga hal penting kepada Menlu Prancis terkait hubungan China-AS.

Pertama, katanya, China akan mengambil tindakan tegas terhadap perilaku AS yang merusak hak dan kepentingan China yang sah karena selama ini China selalu menahan diri.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x