Xi Jinping Kembali Terpilih Sebagai Presiden China, Resmi Menjabat Sebagai Presiden Tiga Periode

- 10 Maret 2023, 20:45 WIB
Presiden China Xi Jinping melihat setelah memberikan suaranya selama Sidang Paripurna Ketiga Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Aula Besar Rakyat, di Beijing, China 10 Maret 2023. MARK R. CRISTINO / Pool via REUTERS
Presiden China Xi Jinping melihat setelah memberikan suaranya selama Sidang Paripurna Ketiga Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Aula Besar Rakyat, di Beijing, China 10 Maret 2023. MARK R. CRISTINO / Pool via REUTERS /

GALAMEDIANEWS - Pemimpin Tertinggi China Xi Jinping, kembali terpilih sebagai presiden China untuk ketiga kalinya pada hari Jumat 10 Maret 2023. Xi sendiri memelopori kemungkinan tiga masa periode, setelah menghapuskan batas dua masa periode pada tahun 2018. 

Hampir 3.000 anggota Kongres Rakyat Nasional (NPC) memilih kembali Xi Jinping sebagai presiden China dengan suara bulat. Xi juga terpilih dengan suara bulat untuk masa jabatan ketiga sebagai kepala Komisi Militer Pusat Tiongkok, sebuah prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah China, menjadikannya pemimpin paling kuat sejak Mao Zedong dan berpeluang besar untuk tetap berkuasa seumur hidup.

Dia dikelilingi oleh para pendukung setia

Pada rapat umum tahunan NPC  Zhao Leji (66 tahun) terpilih sebagai ketua baru Kongres Rakyat Nasional dan Han Zheng (68 tahun) sebagai wakil ketua baru. Keduanya adalah anggota tim kepemimpinan partai Xi sebelumnya di Komite Tetap Politbiro.

Baca Juga: Ammar Zoni Dibekuk Polisi Gegara Narkoba, Instagram Irish Bella Diserbu Netizen

Selama dua hari ke depan, para pejabat yang ditunjuk atau dipilih oleh Xi Jinping akan mengisi pos-pos kabinet senior, termasuk Li Chiang, kepala Politbiro Shanghai, yang diperkirakan akan ditunjuk sebagai perdana menteri dan pemimpin nomor dua di China,

Ia akan menggantikan Li Keqiang, yang bukan merupakan bagian dari lingkaran dalam politik Xi Jinping dan akan meninggalkan kursi perdana menteri setelah menjabat selama dua periode.

Karier politik yang melejit

Terpilihnya kembali Xi Jinping menandai perubahan yang luar biasa dari anggota partai yang relatif tidak dikenal menjadi pemimpin negara adidaya global yang baru muncul.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Deutsche Welle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x