Peran Turki dalam Keanggotaan NATO, Turki Sekutu Penting Bagi NATO

- 11 Maret 2023, 11:40 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam Konferensi pers KTT G20 /ANTARA
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam Konferensi pers KTT G20 /ANTARA /Aditya Pradana Putra/nym/pri/

GALAMEDIANEWS - Turki Sejak bergabung dengan NATO pada tahun 1952, telah menjadi salah satu negara anggota dengan kontribusi terbesar bagi aliansi ini.

Ketika para sekutu NATO berkumpul untuk menghadiri pertemuan puncak di Brussel, peran dan kontribusi Turki terhadap aliansi ini sekali lagi menjadi sorotan di tengah-tengah ancaman keamanan yang sedang berlangsung di wilayah Turki dan Suriah.

Turki sejak menjadi anggota NATO pada tahun 1952 (hanya tiga tahun setelah didirikan), Ankara telah menjadi salah satu mitra yang paling banyak memberikan kontribusi, menjadikan kemampuannya sebagai bagian integral dari struktur komando dan kekuatan aliansi, dengan jumlah pasukan terbesar kedua.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), yang didirikan pada tanggal 4 April 1949, saat ini memiliki 30 anggota termasuk Turki dan berkantor pusat di Brussels.

Baca Juga: Kampung Coklat, Rekomendasi Wisata Edukasi di Blitar yang Instagramable, Patut Dikunjungi Bersama Keluarga

Bagi beberapa diplomat Barat, Turki memang merupakan mitra yang "penuh teka-teki" dan tidak dapat diandalkan, dengan Erdogan yang sering dianggap sebagai penghalang. 

Pada tahun 2009, Presiden Turki Erdogan mencoba mencegah Denmark untuk menjadi pemimpin baru NATO, dengan alasan bahwa negara tersebut terlalu toleran terhadap karikatur Nabi Muhammad S.A.W dan terlalu mendukung pemberontak Kurdi.

Beberapa tahun kemudian, Erdogan menunda rencana pertahanan NATO untuk Polandia dan negara-negara Baltik selama berbulan-bulan dan meminta NATO untuk menyatakan organisasi-organisasi militan Kurdi Suriah sebagai teroris.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Deutsche Welle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x