Ratusan Armada China Terpantau di Kepulauan Galapagos, Ekuador dalam Kondisi Siaga

- 29 Juli 2020, 16:42 WIB
Kepulauan Galapagos, Ekuador.
Kepulauan Galapagos, Ekuador. /


GALAMEDIA -  Armada besar kapal penangkap ikan berbendera China terpantau berada di Kepulauan Galapagos, Ekuador di kawasan Amerika Latin. Hal itu membuat otoritas Ekuador kini dalam kondisi siaga.

Patroli Ekuador tengah berusaha memastikan armada, yang terdiri dari sekitar 260 kapal itu, tidak memasuki sistem ekosistem yang rapuh dari perairan internasional tersebut.

Kapal China melakukan perjalanan ke wilayah tersebut setiap tahun untuk mencari spesies laut. Pada 2017, sebuah kapal China ditangkap di cagar laut dengan 300 ton margasatwa, sebagian besar hiu.

Baca Juga: Terbanyak di DKI Jakarta, Kasus Virus Corona di Indonesia Hari Ini Bertambah 2.381 Kasus

"Kami waspada, (melakukan) pengawasan, berpatroli untuk menghindari insiden seperti apa yang terjadi pada 2017," kata Menteri Pertahanan Ekuador Oswaldo Jarrin kepada wartawan sebagaimana dilansir BBC.

Belum ada komentar langsung dari pemerintah China mengenai hal tersebut.

Mantan Wali Kota Quito, Roque Sevilla, mengatakan kepada The Guardian bahwa "strategi perlindungan" sedang dirancang untuk pulau-pulau itu.

Baca Juga: Nunung Srimulat Ngaku Ditalak Cerai Suami Gara-Gara Narkoba, Anak-Anaknya Pun Ancam Hal Menakutkan

"Penangkapan ikan China yang tidak terkendali di tepi zona yang dilindungi merusak upaya Ekuador untuk melindungi kehidupan laut di Galapagos," katanya.

Presiden Lenin Moreno mengatakan bahwa Ekuador akan mengadakan konsultasi dengan negara-negara Amerika Latin lainnya dengan garis pantai di Pasifik - Kolombia, Peru, Chile, Panama dan Kosta Rika - untuk membentuk posisi regional bersama mengenai "ancaman" itu.

"Karena kekayaan (alami) di daerah itu, kami menderita tekanan besar dari armada penangkapan ikan internasional," katanya seperti dikutip surat kabar El Universo.

Baca Juga: Sebut Insiden Perbatasan Kebohongan Israel, Libanon Bakal Ngadu ke Dewan Keamanan PBB

Cagar Alam Laut Galapagos memiliki sejumlah besar spesies hiu, termasuk paus dan martil yang hampir punah.

Kepulauan Galapagos adalah situs Warisan Dunia Unesco yang terkenal di seluruh dunia karena beragam tanaman dan margasatwa yang unik. Charles Darwin melakukan pengamatan kritis terhadap teorinya tentang evolusi di pulau-pulau.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x