Menerka Pesawat Intai AEW&C yang Akan Digunakan Oleh TNI AU

- 11 Maret 2023, 22:03 WIB
Menerka Pesawat Intai AEW&C yang Akan Digunakan Oleh TNI AU
Menerka Pesawat Intai AEW&C yang Akan Digunakan Oleh TNI AU /Airspace Review/

GALAMEDIANEWS - Beberapa kontrak pembelian Pesawat terbang untuk TNI Angkatan Udara (TNI AU) telah dilakukan oleh Kementerian Pertahanan RI dengan para produsennya. Mulai dari pesawat angkut, tanker, pesawat latih, pesawat tempur hingga helikopter.

Namun, hingga saat ini satu jenis pesawat yang belum diputuskan, yakni Pesawat intai atau AEW&C (Airborne Early Warning & Control System). Pesawat AEW&C ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan dan pergerakan pesawat, kapal, dan kendaraan lawan dalam jarak jauh.

Kemudian pesawat melakukan komando dan kontrol ruang pertempuran dalam operasi udara dengan mengarahkan pesawat tempur ke sasaran yang telah dideteksi. Dilansir dari Airspace Review diketahui, TNI AU sendiri telah mempertimbangkan tiga kandidat pesawat AEW&C dalam Rensta (Rencana Strategis) TNI AU MEF IV (Minimum Essential Forces ke-4) tahun 2020-2024.

Baca Juga: KEBAKARAN di Komplek Margahayu Permai Bandung Malam Ini, Rumah yang Dipakai Konveksi Luluh Lantak

Ketiga pesawat tersebut adalah Saab 2000 Erieye dari Swedia, C295 AEW&C buatan Airbus DS, dan Boeing B737 AEW&C (E-7A Wedgetail) dari Amerika Serikat. Pilihan atas ketiga pesawat dari pabrikan besar dunia ini disampaikan langsung oleh KSAU yang saat itu dijabat oleh Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada wartawan di Ruang VIP Lanud Adisutjipto, Yogyakarta pada 19 Maret 2019.

Dari ketiganya, Boeing E-7A adalah yang terbesar dan bermesin jet. Pesawat dibekali radar Northrop Grumman MESA (multirole electronic scanned array) yang dipasang di punggung belakang pesawat. Radar ini mampu melakukan pencarian udara dan laut secara simultan, kontrol tempur dan pencarian area dengan jangkauan maksimum lebih dari 600 km (look-up mode). Saat beroperasi dalam mode look-down terhadap target jet tempur lawan, jarak maksimumnya lebih dari 370 km.

Ketika digunakan melawan target maritim, jarak maksimumnya lebih dari 240 km untuk target ukuran sebesar kapal fregat. Hebatnya radar MESA ini mampu secara simultan melacak 180 target bersamaan dan melakukan 24 intersepsi sekaligus. Pesawat E-7A sendiri terbilang laku, karena saat ini telah dioperasikan oleh AU Australia (RAAF), AU Turki (TAF), AU Korea Selatan (RoKAF) dan AU Inggris (RAF).

Baca Juga: 5 Misteri Gunung Semeru Jawa Timur, Mulai dari Tanjakan Cinta hingga Jin Wanita Ranu Kumbolo

Pesawat E-7A juga telah diminati oleh beberapa negara, diantaranya AU Italia (ItAF), AU Uni Emirat Arab (UAEAF) dan Qatar (QEAF). Pesawat peringatan dini kedua adalah C295 AEW&C garapan Airbus DS yang dibekali kubah radar putar 360 derajat di punggungnya. Mengusung radar AESA (active electronically scanned array) EL/W-2090 buatan IAI, Israel.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x