Slovakia dan Polandia Siap Mengirimkan Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina : Pertempuran Diprediksi Semakin Sengit

- 11 Maret 2023, 22:30 WIB
Slovakia dan Polandia Siap Mengirimkan Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina, Pertempuran Diprediksi Semakin Sengit.
Slovakia dan Polandia Siap Mengirimkan Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina, Pertempuran Diprediksi Semakin Sengit. /militermeter/

GALAMEDIANEWS – Di saat Amerika Serikat dan negara-negara Barat sulit untuk mengabulkan permintaan Ukraina yang ingin mendapatkan jet tempur F-16, akhir nya harapan datang dari Slovakia dan Polandia. Negara – negara itu menyatakan untuk mengirimkan jet tempur MiG-29 ke Kyiv, Ukraina.

Pada tanggal 9 Maret 2023, Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad mengumumkan bahwa pemerintahannya siap memasok jet tempur MiG-29 ke Ukraina. Pesawat akan diambil dari inventaris Angkatan Udara Slovakia (SAF) yang telah dipensiunkan. MiG-29 SAF telah dipensiunkan pada musim panas tahun lalu, namun beberapa di antaranya masih dalam kondisi siap untuk diterbangkan.

Slovakia saat ini memiliki 11 unit MiG-29AS/UBS Fulcrum . Dari 11 pesawat tersebut, 10 diantaranya akan disumbangkan ke Ukraina, sementara satu pesawat akan disimpan di museum penerbangan. Sebelumnya, Slowakia menerima selusin jet tempur MiG-29 pertama dari Uni Soviet pada masa Perang Dingin di tahun 1982.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Bandung Murah Meriah, Panorama Instagramable, Harga Tiket hanya Rp 10 Ribu

Sebagai pengganti MiG-29, Slovakia telah memesan jet tempur F-16 dari Amerika Serikat pada 2018 lalu dan semestinya tiba pada tahun 2022. Namun akibat terjadi pandemi COVID 19, pengiriman unit pertama pesawat ini mundur ke tahun 2024.

Pemerintah Slovakia memesan pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat pada 2018 untuk menggantikan pesawat MiG-29 yang sudah tua. Pesawat buatan AS pertama diharapkan tiba tahun lalu dan pengiriman seharusnya selesai tahun ini, tetapi pengiriman sekarang diharapkan dilakukan pada tahun 202

Sama seperti Slovakia, Polandia memiliki pandangan yang sama untuk mengirimkan jet tempur MiG-29-nya ke negara bekas pecahan Uni Soviet yang kini sedang berperang melawan Rusia itu. Hal ini telah dipastikan oleh Juru Bicara Kementerian Pertahanan Ukraina Yuriy Ihnat di tanggal 9 Maret, hari yang sama dengan pernyataan dari Slovakia.

Dikatakan, bantuan pesawat untuk Ukraina ini akan menjadi kabar bagi negeri yang sedang digempur pasukan Moskow. Polandia tidak mempermasalahkan bila pesawatnya akan dijadikan suku cadang oleh Ukraina untuk menghidupkan pesawat-pesawat MiG-29 yang komponennya aus karena pertempuran. Tidak disebutkan berapa jumlah MiG-39 Polandia yang akan ditransfer ke Ukraina. Namun Kepala Staf Presiden Polandia Pawel Szrot mengatakan jumlahnya “terbatas”.

Baca Juga: KEBAKARAN di Komplek Margahayu Permai Bandung Malam Ini, Rumah yang Dipakai Konveksi Luluh Lantak

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Militermeter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x