Sebagian Besar Alumni Unpad, Inginkan Pemilu Langsung

- 30 Juli 2020, 09:30 WIB
Juru bicara tim Advokasi - Defrizal Djamaris
Juru bicara tim Advokasi - Defrizal Djamaris /

GALAMEDIA - Rencana perubahan proses pemilu raya ketua Ikatan Alumni (IKA) Unpad dari pemilihan langsung one man one vote menjadi tidak langsung hanya diikuti oleh perwakilan dipertanyakan oleh kalangan civitas akademika Universitas Padjajaran.

Suara penolakan terhadap rencana penerapan pemilihan tidak langsung datang dari Ferry Mursidan Baldan, penasehat IKA Unpad. Ferry menginginkan pemilihan langsung dan diikuti oleh seluruh anggota Ikatan Alumni Unpad.

“Hampir semua anggota ikatan alumni ingin menggunakan hak pilihnya dan berpartisipasi dalam Pemilu IKA Unpad kali ini,” jelasnya kepada media, Rabu, 29 Juli 2020, sore.

Baca Juga: Pantai Plengkung Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Liga Selancar Dunia

Menurut Ferry keinginan untuk menjalankan pemilu secara one man on vote juga berdasarkan survey online untuk mengetahui pandangan alumni sehubungan dengan pelaksnaan pemilu. Dimana sebagian besar menginginkan pemilu dengan mekanisme langsung one man one vote.

"Bukan dilakukan melalui perwakilan, baik komisariat fakultas, komisariat daera maupun komunitas," tegasnya.

Suara penolakan juga datang dari salah satu alumni, Asri Vidya Dewi , alumnus Fakultas Hukum dan Fakultas Mipa Unpad. Pemilihan langsung adalah amanat AD/ART IKA Unpad, sehingga dengan alasan apapun, untuk mengubah dari pemilihan langsung menjadi perwakilan harus mengubah AD/ART, tidak bisa hanya dengan SK Panitia. Ia memberikan saran, jika perubahan pemilihan terjadi karena ada alasan pandemic covid-19.

Baca Juga: Khusyuklah Dalam Shalat Agar kita Bisa Ambil Hikmahnya

Maka bisa diatasi dengan menerapkan standar protokol kesehatan sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan oleh pemerintah. Seperti yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x