5 Penyandang Disabilitas di Bandung Diwisuda Jadi Barista

- 30 Juli 2020, 13:10 WIB
/

GALAMEDIA - Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung mewisuda 5 penyandang disabilitas dalam pelatihan barista. Upaya tersebut, sebagai langkah dalam memberdayakan disabilitas, terlebih dengan terjadinya pandemi Covid-19.

Kepala BRSPDSN Bandung, Sudarsono mengatakan bahwa pelatihan barista tetap berjalan, walau ditengah pandemi Covid-19.  

"Ini merupakan langkah kami, sehingga penyandang disabilitas dapat tetap produktif, meksi ditengah pandemi Covid-19," ungkapnya usai wisuda penyandang disabilitas di Ruang Training Barista BRSPDSN Wyata Guna Bandung, Jln. Pajajaran, Kota Bandung, Kamis, 30 Juli 2020.

Baca Juga: Setiap Satu Menit, Nyawa Warga AS Melayang Gara-gara Covid-19

Menurutnya, wisuda pelatihan barista tersebut, merupakan yang ketiga kalinya. Para penyandang disabilitas tersebut diharapkan dapat mandiri dan memiliki usaha sendiri.

"Ini merupakan pilot project kami, pertama yang diwisuda 7 orang lalu kedua 6 orang , dan sekarang 5 orang. Mudah-mudahan kapasitas mereka sebagai seorang barista terus bertambah kedepannya," tuturnya.

Walau demikian, Sudarsono menerangkan pihaknya juga memberikan support dan dukungan bagi para penyandang disabilitas untuk usaha mandiri, seperti menyediakan alat-alat barista dan lain sebagainya.

Baca Juga: 42 Warga Negara Indonesia Ditangkap Pasukan Malaysia

"Dalam 4 bulan ini, mereka terus dilatih agar dapat maksimal sebagai barista. Dan kami yakin kemampuan mereka juga tidak kalah dengan barista pada umumnya," terangnya.

Sementara itu, Salah seorang peserta pelatihan Barista, Ananda Istihoroh (20) berharap dengan pelatihan keterampilan ini, dapat membuatnya lebih mandiri dan berinovasi.

"Dengan pelatihan ini, kami ingin bisa menjadi barista yang mandiri, serta apresiasi kepada instruktur yang sabar melatih kami," tambahnya. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x