MUI Jabar Imbau Imam-Khatib Shalat Idul Adha Tak Baca Surat Panjang dan Persingkat Ceramah

- 30 Juli 2020, 16:34 WIB
Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei (depan) dan Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar, saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis, 30 Juli 2020. (Galamedia/Lucky M Lukman)
Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei (depan) dan Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar, saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis, 30 Juli 2020. (Galamedia/Lucky M Lukman) /

GALAMEDIA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat merekomendasikan shalat Idul Adha digelar di masjid atau lapangan, besok, Jumat 31 Juli 2020. Namun protokol kesehatan harus tetap diterapkan.

"Silahkan laksanakan di lapangan atau masjid. Tapi jangan lupakan menerapkan protokol kesehatan," kata Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei, di kantor MUI Jabar, Jln. L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Kamis 30 Juli 2020.

Rachmat menegaskan, menjaga kesehatan hukumnya wajib. Sementara shalat Idul Adha sunnah muakadah. Oleh karena itu, ia meminta agar masalah kesehatan lebih diutamakan.

Baca Juga: PDI-Perjuangan Jabar Salurkan Hewan Kurban kepada PWNU Jabar

"Jangan sampai karena shalat Idul Adha maka muncul klaster baru. Makanya jangan lupa juga berdoa kepada Allah agar pandemi Covid-19 ini berakhir," tambahnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar. Ia menyatakan, dalam melaksanakan shalat Idul Adha, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Mencuci tangan dan mengenakan masker jadi yang paling utama.

Masyarakat juga diimbau untuk membawa sejadah sendiri dari rumah. Selain itu, ujar Rafani, panitia shalat juga harus bisa melaksanakan shalat dengan tertib dan sesuai protokol kesehatan. Ia meminta agar saf shalat diatur.

Baca Juga: Hampir 48 Ribu Pedagang Pasar Tradisional Digaet Bank BRI untuk Berjualan Secara Daring

"Imam atau khatib juga diimbau untuk tidak terlalu panjang sampaikan surat saat shalat. Dan pas khutbah juga tidak terlalu lama," tuturnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x