Wakapolri Prediksi Ada Kenaikan 39% Arus Balik Masa Hari Raya Idul Adha 1441 H

- 30 Juli 2020, 17:53 WIB
Wakapolri dan Kapolda Jabar tengah memberikan keterangan pers
Wakapolri dan Kapolda Jabar tengah memberikan keterangan pers /Remy Suryadie/

GALAMEDIA - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono memprediksi akan terjadi kenaikan arus balik di masa hari raya Idul Adha sekitar 39 persen dibanding tahun sebelumnya. Berbagai upaya dilakukan untuk mengantisipasi kemacaetan arus lalu lintas.

Hal tersebut diungkapkan Gatot usai memantau langsung pelaksanaan operasi kewilayahan menjelang Hari Raya Idul Adha di Pos Pam Cikopo Purwakarta, didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi beserta rombongan turut dalam melakukan pengecekan jalur via udara, Kamis 30 Juli 2020.

Dikatakan Gatot, semua anggota harus bisa memastikan pelaksanaan pengamanan Ops Patuh Lodaya 2020 di wilayah Jabar berjalan dengan tepat sasaran dan berlangsung baik. Terlebih, intensitas pergerakan orang menjelang hari Raya Idul Adha 1441 H meningkat.

Baca Juga: Wagub Jabar Harapkan Santani Cetak Generasi Penerus di Bidang Pertanian

"Diprediksi naik 39 persen. Malam ini diperkirakan berdasarkan paparan Kakorlantas dan Kapolda Jabar, merupakan puncak dari arus balik. Akan tetapi, jajaran kepolisian sudah mempersiapkan berbagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Persiapan tersebut antara lain pemberlakuan contra flow dan strategi-strategi lain di lapangan sehingga situasi dan kondisi tetap kondusif," kata Gatot.

Meski demikian, Gatot mengimbau masyarakat untuk tidak pulang kampung. Namun jika memang situasinya mengharuskan mereka pulang, maka dalam perjalanan harus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Terpisah, berkaitan dengan pengamanan libur panjang dan hari raya Idul Adha, Polda Jabar mengerahkan total 14.043 personel gabungan, terdiri dari 1.152 personel di Polda dan 12.891 personel di jajaran Polres yang berada di wilayah hukum Polda Jabar.

Baca Juga: Uni Eropa Ingin Lindungi Putra Mahkota Saudi Terdahulu dari Rencana Pembunuhan Mohammed bin Salman

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga mengatakan, antisipasi utama adalah arus mudik dan arus balik terutama di titik wisata. Pengamanan pun bakal difokuskan di sarana ibadah atau lapangan yang digunakan untuk salat id serta lokasi pemotongan hewan kurban.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x