Bertemu Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Menko Airlangga Bahas Kerja Sama Ekonomi, Perdagangan, dan Investasi

- 16 Maret 2023, 20:50 WIB
Bertemu Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Menko Airlangga Bahas Kerja Sama Ekonomi, Perdagangan, dan Investasi.
Bertemu Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Menko Airlangga Bahas Kerja Sama Ekonomi, Perdagangan, dan Investasi. /Ekon.go.id/

GALAMEDIANEWS - Indonesia dan Arab Saudi memiliki hubungan bilateral di bidang ekonomi yang telah terjalin dengan baik. Nilai perdagangan bilateral Indonesia dengan Arab Saudi pada tahun 2022 mencapai senilai USD 7,5 miliar.

Selain itu hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi ini memiliki nilai ekspor mencapai USD 2 miliar dan impor senilai USD 5,5 miliar.

Sementara nilai investasi langsung (Foreign Direct Investment) Arab Saudi ke Indonesia sebesar USD 21,89 juta pada periode 2018-2022.

Menindaklanjuti hal tersebut, dalam pertemuan dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Amodi di Kantor Kemenko Perekonomian, pada hari Selasa 14 Maret 2023, guna membahas perkembangan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi kedua negara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pentingnya kedua negara untuk terus meningkatkan kerjasama konkret dan tangible yang dihasilkan dari kesepakatan yang telah terjalin selama ini.

Baca Juga: Sinopsis Film The Colony 2013: Keadaan Bumi di Masa Depan yang Diselimuti Es dan Berada dalam Masa Kepunahan

“Hubungan dan kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara belum menunjukkan potensi yang sebenarnya dan untuk itu kerjasama perlu diperkuat sehingga menghasilkan sesuatu yang konkret dan bermanfaat bagi kedua negara,” ucap Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga menuturkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara tujuan penting bagi investasi Arab Saudi.

Untuk itu, mengingat Indonesia akan mengalami bonus demografi yang cukup besar maka para pelaku usaha Arab Saudi perlu memanfaatkan dengan baik momentum tersebut guna meningkatkan dan melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia.

Baca Juga: Heboh Guru Pengeritik Ridwan Kamil Dipecat, Dinas Pendidikan Buka Suara

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Ekon.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x