Jelang City Sanitation Summit XXI, Ketua Akkopsi: Hanya 15 Persen Daerah yang Punya Sanitasi di Atas 90 Persen

- 17 Maret 2023, 22:34 WIB
Jelang City Sanitation Summit XXI, Ketua Akkopsi Ahmed Zaki Iskandar (kanan) menyebutkan hanya 15 persen daerah yang di Indonesia yang punya sanitasi baik di atas 90 persen./ Feby Syarifah - GalamediaNews
Jelang City Sanitation Summit XXI, Ketua Akkopsi Ahmed Zaki Iskandar (kanan) menyebutkan hanya 15 persen daerah yang di Indonesia yang punya sanitasi baik di atas 90 persen./ Feby Syarifah - GalamediaNews /

GALAMEDIANEWS – City Sanitation Summit XXI akan digelar pada bulan Juni 2023 dimana Kabupaten Bandung dipercaya sebagai tuan rumah. Ketua Umum Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi atau Akkopsi, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, hingga saat ini hanya 15 persen daerah di Indonesia yang punya sanitasi mumpuni untuk warganya di atas 90 persen. Dan itu kebanyakan daerah perkotaan karena memiliki wilayah kecil dan APBD besar.

 

Ia mengatakan hal itu kepada GalamediaNews yang ditemui di sela-sela rangkaian acara Kick Off City Sanitation Summit XXI di kawasan Gedung Budaya Sabilulungan (GBS), Jumat, 17 Maret 2023.

Oleh karena itu, dengan diadakannya City Sanitation Summit XXI, Ahmed Zaki berharap event ini akan menelurkan program-program inovatif yang bisa menjadi solusi dari permasalahan sanitasi di seluruh Indonesia.

“Sanitasi baik yang di atas 90 persen itu jumlahnya enggak lebih dari 15 persen. Lebih banyak sih yang di atas 90 persen itu daerah perkotaan, karena sizenya lebih kecil, anggarannya lebih banyak. Itu yang paling banyak mendukung program sanitasi kita,” ujarnya menjelaskan.

Baca Juga: Teman Akrab Erick Thohir Terpilih Kembali Jadi Presiden FIFA

 

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x