Gunung Anak Krakatau 3 Kali Erupsi, PVMBG Keluarkan Imbauan kepada Masyarakat dan Wisatawan

- 18 Maret 2023, 22:49 WIB
Erupsi pertama Gunung Anak Krakatau.
Erupsi pertama Gunung Anak Krakatau. /PVMBG/

 

GALAMEDIANEWS - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Sabtu 18 Maret 2023 siang hingga malam ini sudah tiga kali mengalami erupsi.

Hal tersebut diungkapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Sabtu 18 Maret 2023.

Dalam laporannya, PVMBG mencatat erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi pertama kali pada Sabtu, pukul 14.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 meter di atas puncak.

Sedangkan dari permukaan laut kurang lebih 657 meter kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, condong ke barat daya.

Baca Juga: HASIL ALL ENGLAND 2023, The Daddies Sukses Raih Tiket Final Usai Lewati Laga Menegangkan

Erupsi kedua terjadi pada pukul 18.46 WIB dengan kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 53 detik, sedangkan kolam abu teramati hingga kurang lebih 300 meter.

Baca Juga: Attack On Titan Berakhir,  Versi Akhir Mana yang Bakal Diadaptasi pada Anime?

Kemudian Gunung Anak Krakatau pada pukul 21.43 WIB kembali mengalami kejadian erupsi, namun tinggi kolom abu tidak teramati, sedangkan amplitudo maksimum 46 mm.

Terkait hal tersebut, PVMBG menyarankan masyarakat, pengunjung, wisatawan, maupun pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif gunung api tersebut, yang statusnya Siaga (Level III).***

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x