Anies Baswedan Sumbang Sapi Limosin, Beratnya 'Bukan Kaleng-kaleng'

- 31 Juli 2020, 12:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Sapi Limosin yang disumbangkannya untuk membantu masyarakat, di Balai Kota Jakarta, Jumat, 31 Juli 2020. (Antara/Ricky Prayoga)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Sapi Limosin yang disumbangkannya untuk membantu masyarakat, di Balai Kota Jakarta, Jumat, 31 Juli 2020. (Antara/Ricky Prayoga) /

GALAMEDIA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyumbang satu ekor sapi Limosin pada Idul Adha 1441 H. Sapi yang disumbangkan Anies 'bukan kaleng-kaleng', beratnya mencapai 1,3 ton.

Selain Anies, Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria juga menyumbang sapi yang serupa. Sumbangan itu menambah hewan kurban pegawai negeri sipil (PNS) se-Jakarta sebanyak 156 sapi dan 259 kambing.

Baca Juga: Usai Ngambil Rapor, Seorang Pelajar di Bawah Umur Dicabuli Tukang Ojek di Perkebunan Teh

"Ini kami menitipkan sapi dengan berat 1,3 ton, kemudian sapi yang dari Pak Wagub tadi beratnya satu ton, yang nanti akan dipotong di RPH (Rumah Potong Hewan) Dharma Jaya," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat, 31 Juli 2020.

Anies menyebut pemotongan tersebut dilakukan di RPH Dharma Jaya demi menghindari kerumunan.

"Total di RPH sana ada lebih dari 800 sapi (sebagai hewan kurban). Tetapi dari Pemprov DKI Jakarta sendiri, 160 ekor sapi yang dari dari Pemprov DKI Jakarta yang dititipkan di Dharma Jaya. Jadi pemotongannya tidak di sini, tapi di Dharma Jaya," tambah dia dikutip dari Antara.

Baca Juga: Covid-19 Makin Ganas, Giliran Istri Presiden Brazil yang Divonis Positif

Sapi-sapi tersebut kemudian diangkut oleh truk untuk kemudian dipercayakan pada PD Dharma Jaya untuk dipotong. Dagingnya nanti akan didistribusikan oleh empat lembaga zakat yakni Baznas-Bazis DKI, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Rumah Zakat dan Human Initiative pada masyarakat kurang mampu.

Sebelumnya, Anies menyerahkan hewan kurban sebanyak 34 ekor sapi yang bersumber dari aparatur sipil negara (ASN) DKI Jakarta melalui KORPRI sebanyak 12 sapi, BUMD Academy sejumlah 20 sapi, PT JNE sebanyak dua sapi dan Bank DKI Syariah sejumlah dua sapi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x