Di Masa Pandemi Virus Corona Sebanyak 192.103 Mobil Tinggalkan Jakarta, Jalur Lembang Padat

- 31 Juli 2020, 17:12 WIB
Kemacetan di sekitar Lembang, Bandung. /Korlantas Polri


GALAMEDIA - Di masa pandemi Covid-19 (virus corona), PT Jasa Marga (Persero) mengungkapkan sebanyak 192.103 kendaraan keluar Jakarta sepanjang H-1 Iduladha atau Kamis (30/7/2020). Kendaraan yang didominasi milik pribadi tersebut meninggalkan Jakarta melalui arah timur, barat, dan selatan.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan pihaknya juga mencatat volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta naik. "Naik 56,1 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal," kata Heru melalui keterangan tertulisnya, Jumat (31/7/2020).

Sementara itu terkait dengan distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah sebanyak 57,5% persen kendaraan keluar dari arah Timur, 21,0% keluar dari arah Barat dan 21,5% lainnya keluar dari arah Selatan.

Baca Juga: Tolak Klaim China di PBB, Akhirnya Malaysia Ikut Ramaikan 'Pertempuran' Laut China Selatan

Seperti diketahui, lalu lintas meninggalkan Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Dari arah Timur, sebanyak 62.185 kendaraan keluar dari gerbang tol Cikampek Utama 1, dan 48.251 kendaraan keluar melalui gerbang tol Kalihurip Utama 1. Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang sebanyak 40.398 kendaraan.

Sementara dari arah selatan, jumlah kendaraan meninggalkan Jakarta sebanyak 41.269 melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi. Heru mengimbau pengguna jalan tol agar menghindari jam-jam puncak arus lalu lintas dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Hari Ini Pasien Positif Virus Corona Bertambah Sebanyak 2.040 Orang

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, dan mematuhi protokol kesehatan," ucapnya.

Heru juga mengatakan agar pengguna jalan dapat menghindari waktu puncak arus balik pada Ahad (2/8/2020) mendatang.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X