Hasil Tracing, 125 Warga Terkonfirmasi Kontak Erat Dengan Pasien Positif Covid-19

- 31 Juli 2020, 17:35 WIB
Ilustrasi Covid-19. (freepik) /

GALAMEDIA - Berdasarkan hasil tracing ditemukan sebanyak 125 warga yang terkonfirmasi melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19, baik itu yang sudah selesai maupun masih menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang.

"Status ke-125 warga itu masuk dalam kategori OTG (orang tanpa gejala). Terhadap mereka pun dilakukan serangkaian pemeriksaan sesuai prosedur Covid-19. Bahkan semakin banyak ditemukan kasus positif , itu akan semakin baik. Karena kita bisa dengan cepat melakukan diteksi dini untuk penanganannya," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri, Jumat 31 Juli 2020.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Sarankan Masker Dicuci Pakai Solar atau Bensin

Adapun rincian OTG itu, masing-masing sebanyak 15 orang dari wilayah Kecamatan Cimalaka dan Cisitu, 36 orang asal Kec.Conggeang, 2 orang asal Kec. Jatinangor, 16 orang asal Kec. Paseh, 22 orang asal Kec. Situraja serta 6 orang asal Kec.Sumedang Utara.

Meski perkembangan reproduksi Covid-19 di Kabupaten Sumedang relatif terkendali, namun pihaknya mengimbau kepada warga untuk tetap waspada.

Terlebih saat ini masih ada 2 pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Cisitu dan Paseh, yang masih menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Sumedang.

Baca Juga: Kemarin, Akibat Layang-layang Menggunakan Tali Kawat Cimahi Alami Pemadaman Total

"Memakai masker dengan benar, menjaga jarak serta mencuci tangan pakai sabun antiseptik, mutlak haru dilakukan warga agar terhindar dari Covid-19," katanya.

Sementara itu, terkait dengan ramainya pembicaraan di media sosial, dimana banyak pertanyaan dan penyataan dari masyarakat yang menyudutkan pemerintah, tenaga medis bahkan menyerang media terkait penanganan Covid-19, Iwa meminta agar masyarakat berempati.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X