Pemerintah harus Perhatikan Aspek Ekonomi, Selain Kesehatan Ditengah Pandemi Covid-19

- 31 Juli 2020, 20:20 WIB
PELAYAN dengan menggunakan pelindung wajah melayani pelanggan saat simulasi penerapan protokol kesehatan di tempat hiburan malam di Jalan Braga, Kota Bandung, Jumat 3 Juli 2020. (foto: Darma Legi/Galamedia)** /

GALAMEDIA - Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Edwin Senjaya mengatakan pandemi Covid-19, tidak hanya mempengaruhi kesehatan tapi juga ekonomi masyarakat. 

Menurutnya kondisi perekonomian warga, mulai terganggu dengan adanya beberapa langkah ketat Pemkot Bandung, dalam pencegahan penyebaran Covid 19.

Baca Juga: Malam Ini Djoko Tjandra Dieksekusi ke Kejaksaan Agung

"Kita melihat penerapan kebijakan PSBB hingga AKB mempengaruhi sistem perekonomian warga kota Bandung. Terlebih kenaikan harga barang yang disertai penghasilan yang menurun, menjadi kondisi fatal untuk daya beli masyarakat," ungkap Edwin di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Jumat 31 Juli 2020. 

Politis Golkar ini mencontohkan penutupan tempat hiburan dalam penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru). Kebijakan tersebut membuat laju perekonomian para penggiat hiburan menjadi terpuruk. 

Baca Juga: Si jago Merah Hanguskan Rumah Permanen di Cigalumpit Lembangan

Dikatakannya dengan waktu penutupan yang panjang, bahkan hingga berbulan-bulan membuat laju perekonomian semakin berat. Karena tingkat kesejahteraan pelaku dan pekerja bisnis hiburan yang semakin hari semakin melemah. 

"Kondisi ini, ikut mempengaruhi beberapa indikator penopang ekonomi kota secara menyeluruh. Dengan pendapatan bulanan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yang menurun menyebabkan harga biaya hidup semakin sulit. Hal ini, jika terus dibiarkan akan menimbulkan gejolak, yang akhirnya memicu keresahan sosial," paparnya. 

Baca Juga: Meski Batal Berlangsung di Argentina, Malaysia dan Thailand, Jumlah Seri di MotoGP 2020 Bertambah

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X