Pasien Positif Corona Klaster Secapa AD Bandung Tersisa 215 Orang, Sebanyak 1.093 Orang Sembuh

- 31 Juli 2020, 22:03 WIB
Dokumentasi - Gerbang Secapa AD, Jalan Abdul Hamid, Kota Bandung, Jawa Barat. /

GALAMEDIA - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (AD) Brigjen TNI Nefra Firdaus menyatakan hingga Jumat (31/7/2020) ini 1.093 orang dari klaster Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD Bandung telah dinyatakan negatif virus corona (Covid-19). Berdasarkan hasil uji swab PCR, hari ini sebanyak 99 pasien dinyatakan sembuh.

"Jadi dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, pada hari ini ini sudah berkurang 1.093 orang atau 83.5% sudah menjadi negatif," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (31/7/2020).

Pasien konfirmasi positif di Secapa AD kini tersisa 215 orang atau sekitar 16,5 persen. Sementara itu, sebanyak 70 prajurit di Pusdikpom TNI AD Bandung yang telah dinyatakan negatif Covid-19 akan melakukan donor plasma darah.

Baca Juga: Dituding Suruh Menghapus Foto Bersama Presiden Jokowi, Pemprov DKI Somasi Artis Ike Muti

"Gelombang ke-1 Donor Plasma Convalesence yang terdiri dari 70 Prajurit di Pusdikpom yang telah negatif Covid 19, pagi ini jalani pemeriksaan serum darah untuk memastikan bebas penyakit menular dan memiliki Titer Antibodi yang cukup," katanya.

Penularan klaster Secapa bermula dari dua prajurit siswa yang berobat di Rumah Sakit Dustira Cimahi. Kedua prajurit itu mengaku mengalami gejala sakit bisul disertai demam. Sedangkan, satu prajurit lainnya masalah tulang belakang.

Mereka lantas menjalani pemeriksaan tim medis di RS Dustira dengan metode swab sebagai prosedur otoritas layananan kesehatan. Ternyata, hasil kedua siswa itu positif terjangkit corona.

Baca Juga: Meski Batal Berlangsung di Argentina, Malaysia dan Thailand, Jumlah Seri di MotoGP 2020 Bertambah

Tim medis lalu melapor kepada Markas Besar TNI AD di Jakarta. Pimpinan di Jakarta kemudian mengirim 1.400 alat rapid tes untuk memeriksa 1.198 prajurit siswa dan 200-san pelatih serta staf.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X