Jelang Pendaftaran UTBK Dibuka, Ketua Umum SNPMB Beri Sedikit Bocoran Soal Ujian

- 21 Maret 2023, 19:03 WIB
Ilustrasi UTBK-SNBT 2023.
Ilustrasi UTBK-SNBT 2023. /Pixabay/tjevans

GALAMEDIANEWS - Menjelang dibukanya pendafataran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Mochamad Ashari sedikit memberi bocoran mengenai soal ujian.

Pendaftaran UTBK SNBT mulai berlangsung pada 23 Maret 2023 hingga 14 April 2023. Sementara pelaksanaannya bakal berlangsung pada pekan kedua bulan Mei 2023 untuk gelombang I dan akhir Mei untuk gelombang II.

Ketua Umum SNPMB Mochamad Ashari mengatakan soal UTBK 2023 bakal lebih mengutamakan penalaran dibandingkan dari sisi akademik atau materi pelajaran yang selama ini diberikan di sekolah.

“Soalnya lebih banyak menggunakan logika, penalaran. Jadi tidak lagi menggantungkan sisi akademik atau pelajaran yang selama ini Anda ambil,” katanya dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK SNBT 2023, Selasa, 21 Maret 2023.

Baca Juga: Tokyo Revengers Season 2 Episode 12: Tanggal dan Waktu rilis, Tempat Menonton, dan Bocorannya

Contoh dari soal yang mengutamakan logika dan penalaran, ia mengatakan, di antaranya seperti Tes Potensi Skolastik, literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta penalaran matematika.

Menurut dia, soal yang mengutamakan logika dan penalaran bakal menghasilkan cerminan kemampuan dari peserta untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Jadi UTBK tahun ii lebih ke skolastik, ada beberapa sub lagi yaitu literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta matematika. Silahkan bisa melihat pada website atau media sosial resmi yang tersedia,” ungkapnya.

Baca Juga: Sinopsis A Walk Among the Tombstones, Bioskop Trans TV: Aksi Liam Neeson Menyelidiki Komplotan Penculik

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x