Sebut Perang Libya untuk Hancurkan Tentara Mesir, Ahli Strategi: Turki Ingin Pulihkan Kekhalifahan

- 1 Agustus 2020, 14:14 WIB
Ahli strategi Militer Mesir Mayjen Nagy Shohood, menuduh Turki campur tangan di Libya untuk melanjutkan impiannya memulihkan kekhalifahan Ottoman.
Ahli strategi Militer Mesir Mayjen Nagy Shohood, menuduh Turki campur tangan di Libya untuk melanjutkan impiannya memulihkan kekhalifahan Ottoman. /


GALAMEDIA - Mesir tidak akan terseret ke dalam perang Libya yang dirancang untuk menghancurkan tentara Mesir, ucap seorang ahli strategi militer terkemuka di Kairo kepada Arab News.

Mayjen Nagy Shohood, seorang ahli strategis dan penasihat di Akademi Militer Nasser, menuduh Turki campur tangan di Libya untuk melanjutkan impiannya untuk memulihkan kekhalifahan Ottoman.

Ankara berusaha membangun kehadirannya di Libya dengan menciptakan pangkalan angkatan laut dan udara, dan tidak bekerja sendiri tetapi juga dengan bantuan Amerika Serikat dan Rusia, tambahnya.

“Turki telah mendirikan pangkalan di Somalia, lalu Qatar, dan kemudian pindah ke Libya. Erdogan masih memimpikan kekaisaran Ottoman," ujarnya seperti dilansir Arab News, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga: Ribuan Kendaraan 'Menyerbu' Lembang, Perjalanan dari Bandung Butuh Waktu 2 Jam

Shohood mengatakan bahwa wilayah itu "harus dibagi dalam satu atau lain cara," ketika Eropa dan AS menyetujui rencana yang diumumkan oleh mantan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice pada 2005.

“Turki adalah sarana untuk mengimplementasikan rencana ini di Suriah dan Irak. Turki beroperasi di wilayah di mana sabotase sedang berlangsung dan Suriah telah dibagi oleh ideologi dan kesukuan melalui Turki, yang tidak datang untuk berperang di Libya tetapi untuk berkoordinasi dan setuju dengan pihak lain,” katanya.

Shohood mengatakan bahwa Turki tidak mungkin mengambil tindakan militer di Libya karena sulit untuk berjuang ratusan mil jauhnya dari wilayahnya sendiri.

Baca Juga: Banding Dikabulkan, Pelaku Bom Maraton Boston Lolos dari Hukuman Mati

“Mereka mencapai apa yang mereka inginkan dengan penyewa yang bekerja dengan keahlian dan kemampuan Turki. Kehadiran semi-permanen Turki di pangkalan udara dan angkatan laut Libya diperlukan."

Shohood mengatakan, "Orang-orang Libya akan menghancurkan aturan-aturan ini yang sedang dibuat, tetapi terserah mereka jika mereka menerima menjadi budak ke kerajaan Ottoman sekali lagi."

Dia mengatakan bahwa Mesir tidak akan terseret ke dalam membuat keputusan yang tidak untuk kepentingan rakyatnya dan angkatan bersenjata Mesir.

"Mesir tidak akan terseret ke dalam perang di selatan atau barat, kecuali setelah mempelajari situasi sepenuhnya dan memastikan itu untuk kepentingan warga negara Mesir," katanya.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Harga Teranyar Smartphone Samsung Per 1 Agustus 2020

Shohood mengatakan bahwa "kehati-hatian dan antisipasi" diperlukan dalam menghadapi situasi di Libya.

Militer Mesir harus menyerang terlebih dahulu dan tidak menunggu untuk bereaksi untuk menghindari bentrokan di wilayah itu, tambahnya.

"Beberapa orang berharap untuk bentrokan militer antara Mesir dan Turki," kata Shohood.

Tujuan ekspansif Turki telah mengambil giliran yang tidak menyenangkan, bergerak melampaui proyek-proyek budaya dan ekonomi dan memasuki arena militer, dengan kehadiran pasukan Ottoman muncul kembali di dunia Arab setelah hampir 100 tahun.

Baca Juga: Bom Meledak di Depan Rumah Dubes Filipina, 2 Orang Tewas Pada 1 Agustus 2000

Pangkalan militer Al-Rayyan yang baru dibuka di Qatar - kehadiran militer pertama di wilayah Teluk sejak akhir kehadiran Ottoman - adalah batu loncatan untuk ambisi ini.

Di sisi lain Semenanjung Arab, Turki membuka pangkalan militer di pantai Somalia, menghadap ke Teluk Aden yang strategis, pada Juli 2016, dengan biaya sekitar 50 juta dolar AS (sekitar Rp 735 miliar).

Teluk Aden adalah pintu gerbang utama menuju perdagangan minyak global. Konstruksi pangkalan bertepatan dengan peningkatan permusuhan antara Turki dan Mesir. Teluk Aden dan Selat Bab Al-Mandab adalah pintu masuk yang strategis ke Terusan Suez Mesir, sehingga kehadiran Turki dapat memberi tekanan pada Mesir di masa depan.

Selain itu, kehadiran Turki di Tanduk Afrika mewakili awal dari kemungkinan ekspansi yang lebih luas di benua itu, yang memiliki pasar yang menjanjikan dan investasi yang berlimpah.

Baca Juga: Vaksin Corona Rusia Gemparkan Dunia, Ahli Virologi Dunia: Terkesan, Tapi Tak Terkejut

Aktivitas militer Turki telah mencapai utara dunia Arab, dengan kamp Bashiqa di wilayah Kurdistan di Irak utara.

Pembangunan pangkalan militer Turki pertama di Suriah - di atas gunung Sheikh Barakat dekat Aleppo - selesai November lalu.

Masuknya Turki ke dalam sengketa Libya, dengan intervensi militer dan milisi bersenjata dari Suriah, menegaskan keinginan Ankara untuk memulihkan Kekhalifahan Ottoman.

Intervensi dimulai dengan keputusan parlemen Turki pada 2 Januari yang mengesahkan penempatan pasukan Turki di wilayah Libya.

Baca Juga: Ekonomi Spanyol Terparah di Eropa, Ekonom Madrid Sebut Negara Bagaikan Tengah Dilanda Peperangan

Ankara mulai ikut campur menggunakan elemen-elemen intelijen hingga menerapkan kekuatan penuh bersama Pemerintah Kesepakatan Nasional, dipimpin oleh Fayez Al-Sarraj, di hadapan Tentara Nasional Libya yang dipimpin oleh Field Marshal Khalifa Haftar.

Intervensi Turki telah mengganggu keseimbangan, karena pemerintah Al-Wefaq, dengan dukungan Turki, berhasil mengusir tentara nasional dari kota ke Sirte.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x