Irak Invasi Kuwait pada 2 Agustus 1990, Menandai Dimulainya Perang Teluk Persia

- 2 Agustus 2020, 06:25 WIB
Pesawat tempur AS melintasi kilang minyak yang terbakar, pada Perang Teluk I, tahun 1990 silam. (wikipedia.org) /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 2 Agustus, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi cacatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 2 Agustus, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

1. Meninggalnya Gubernur-Jenderal Hindia Belanda
Tanggal 2 Agustus 1844, Pieter Merkus, Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-47 meninggal dunia di Surabaya pada usia 57 tahun. Ia memerintah antara tahun 1841—1844.

Baca Juga: Pebalap Mercedes, Hamilton Rebut Pole Position yang Ketujuh Kali di Sirkuit Silverstone

Dari pernikahannya dengan Wilhelmina Niclassina Cranssen, saudari ipar Carel Jan Riesz, ia memiliki 9 anak, antara lain Jeanne Merkus.

2. Jambore Pramuka Dunia ke-4
Jambore Pramuka Dunia ke-4 adalah pertemuan atau jambore yang diadakan di Gödöllő, Hungaria, pada tanggal 2-13 Agustus 1933. Jambore ini diikuti oleh 25.792 Pandu, yang mewakili dari 46 negara.

Mereka berkemah disekitar Istana Kerajaan, di the Royal Forest of Gödöllő, sekitar 11 mil dari ibu kota Budapest. Ketua Jambore ini adalah Ketua Kepanduan Hungaria, Count Teleki Pál, yang dikemudian hari menjadi Perdana Menteri Hungaria untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Immobile Ungguli Ronaldo, Lewandowski dan Messi untuk Perebutan Sepatu Emas Eropa 2019-2020

Sedangkan The General Camp Manager adalah Vitez Kisbarnaki Ferenc Farkas, seorang staff jenderal Tentara Kerajaan Hungaria, ia kemudian menjadi Ketua Kepanduan Hungaria setelah kematian Count Teleki Pál pada tahun 1941.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X