Penumpang Darat, Laut dan Udara Mengalami Lonjakkan di Masa Pandemi Virus Corona Ini

- 2 Agustus 2020, 08:56 WIB
Penumpang kereta dari Jakarta ke Yogya saat Idul Adha /KAI/

GALAMEDIA - Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang pada hari raya Idul Adha karena jatuh pada Jumat (31/7/2020), yang menandakan akan ada libur panjang akhir pekan.

“Berdasarkan pantauan kami, sejumlah penumpang transportasi umum mengalami peningkatan di banding hari biasa. Kami meminta kepada para operator transportasi dan penumpang agar tetap disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 pada transportasi umum,” ujarnya dalam keterangannya, Ahad (2/8/2020).

Dengan adanya peningkatan penumpang baik di darat, laut, udara, dan kereta api pada hari raya Idul Adha, ia mengatakan, hal itu di satu sisi memperlihatkan bahwa masyarakat sudah mulai percaya untuk menggunakan transportasi umum.

Baca Juga: Tien Gustinah, Perias yang Tembus Dapur Rekaman Hingga Miliki Tiga Album

"Namun, di sisi lain kami selaku regulator transportasi bersama para operator transportasi kan terus melakukan pengawasan untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan baik sesuai komitmen kami untuk menciptakan transportasi aman dan sehat,” kata dia.

Berdasarkan pemantauan Kementrian Perhubungan (Kemenhub), peningkatan jumlah penumpang terjadi di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sekitar 16 persen di bandingkan hari biasa. Pada Kamis (30/7/2020) menjadi puncak pergerakan penumpang yaitu mencapai 37 ribu lebih penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang pesawat per harinya di Bandara Soetta juga diikuti dengan peningkatan pergerakan pesawat sebesar 13 persen, yaitu sebanyak 460 lebih pergerakan pesawat per hari.

Baca Juga: Vaksinasi Massal Digelar Oktober, Pemerintah Rusia Dahulukan Dokter dan Guru

Pada moda kereta api, terjadi juga peningkatan penumpang, di mana total penumpang KA jarak jauh pada 11 kereta api yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen ke berbagai jurusan pada Kamis (30/7/2020) mencapai 3.958 penumpang dari sebanyak 4.385 tempat duduk.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X