Bendung Penyebaran Virus Corona, WHO Ingatkan Dunia Agar Tak Lagi Lakukan Lockdown Nasional

- 2 Agustus 2020, 10:03 WIB
Dr Maria Van Kerkhove.
Dr Maria Van Kerkhove. /


GALAMEDIA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak negara-negara untuk tidak memberlakukan kembali lockdown nasional dalam upaya untuk membendung penyebaran Covid-19 (virus corona).

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan The Telegraph Dr Maria Van Kerkhove, yang membantu memimpin tim respons pandemi WHO sebagai kepala unit penyakit berkembang dan zoonosis, mengatakan bahwa negara-negara harusnya menggunakan strategi lokal.

Pada akhir Maret, ketika wabah virus korona melonjak tak terkendali di seluruh dunia, lebih dari 100 negara telah memberlakukan lockdown penuh atau sebagian - yang mempengaruhi miliaran orang.

Baca Juga: Pelatih Legendaris Persib, Indra Thohir Dirawat di RS Santosa

Dr Van Kerkhove menggambarkan langkah-langkah ini sebagai "instrumen yang tumpul dan tipis" yang memberi waktu bagi negara untuk membangun infrastruktur kesehatan masyarakat yang diperlukan untuk mengatasi Covid-19.

Tetapi merefleksikan peristiwa sejak WHO menyatakan darurat kesehatan global enam bulan lalu - ketika kurang dari 8.000 kasus dan 170 kematian telah dilaporkan - dia menambahkan bahwa biaya ekonomi, kesehatan dan sosial dari lockdown tersebut “sangat besar”.

“Lockdown bukanlah sesuatu yang direkomendasikan WHO, tetapi mereka perlu digunakan di sejumlah negara karena wabah itu tumbuh begitu cepat,” kata Dr. Van Kerkhove seperti dilansir The Telegraph, Ahad 2 Agustus 2020.

"Tapi kami berharap negara-negara tidak perlu menerapkan lockdown nasional lagi".

Baca Juga: Ingat, Kota Bandung Terapkan Denda Terhadap Warga Tak Bermasker

Wanita berusia 43 tahun itu, yang kerap muncul bersama dengan Dirjen WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers selama berbulan-bulan, menambahkan bahwa negara-negara seharusnya tidak mengandalkan 'tusukan peluru perak' untuk mengakhiri gejolak pandemi.

"Dalam enam bulan ke depan kita tidak akan memiliki vaksin," katanya terus terang.

“Saya tahu ada banyak pekerjaan yang sedang dipercepat dalam hal memiliki vaksin yang aman dan efektif, tetapi kita tidak bisa menunggu sampai tahun depan untuk datangnya vaksin.”

Alih-alih, Dr. Van Kerkhove mendesak negara-negara untuk menggunakan alat yang saat ini tersedia untuk mengadopsi pendekatan “khusus, spesifik, terlokalisasi” untuk menampung kelompok infeksi baru.

"Kecepatan ilmu dalam hal ini luar biasa ... kami memiliki alat saat ini yang dapat mencegah penularan dan menyelamatkan nyawa," kata Dr. Van Kerkhove, merujuk tindakan termasuk menghubungi pelacakan, pengujian luas, melengkapi fasilitas kesehatan, jarak fisik dan memakai masker wajah.

Baca Juga: Penumpang Darat, Laut dan Udara Mengalami Lonjakkan di Masa Pandemi Virus Corona Ini

“Ini bukan hanya satu ukuran saja, semua tindakan yang ada perlu digunakan bersama. Dan itu berhasil. Alasan kami terus mengatakan bahwa ini berhasil adalah karena kami telah melihat ini terjadi, kami telah melihat negara-negara mengendalikan wabah ini,” katanya.

Sekarang sudah tujuh bulan sejak Dr. Van Kerkhove - yang telah menghabiskan beberapa dekade pelatihan sebagai ahli epidemiologi, termasuk tugas di London School of Hygiene dan Tropical Medicine dan Imperial College - menerima peringatan email bahwa 'pneumonia yang tidak diketahui asalnya' telah terdeteksi di Wuhan, China.

"Saya sedang berlibur untuk Natal bersama keluarga saya di AS," kata ibu dua anak itu kepada Telegraph dari kantornya di kantor pusat WHO di Jenewa.

Baca Juga: Puji Langkah Boris Johnson Soal Aneksasi Israel, Diplomat Palestina: Perjelas Dia Bukan Trump

"Saya segera mengirim catatan yang menanyakan beberapa pertanyaan, yang selalu saya lakukan ... kami selalu mendorong negara untuk informasi lebih lanjut, China tidak unik untuk itu."

“Perasaan awal saya adalah bahwa ini bisa dilokalisasi, bahwa ini akan dilokalisasi. Tetapi saya dilatih untuk berpikir bahwa ini adalah penyakit menular yang sedang muncul ... jadi saya pasti tahu itu bisa menjadi lebih besar, dan direncanakan untuk itu."

Sejak saat itu, skenario yang disiapkan oleh tim Dr. Van Kerhove tetapi hal yang dikhawatirkan telah terwujud. Pandemi telah meluas di luar kendali internasional, dengan infeksi melebihi 17,6 juta dan kematian 680.000, belum lagi gema sosial dan ekonomi yang menghancurkan.

Dan ahli epidemiologi, yang terbiasa bekerja di belakang layar, kini menjadi pusat perhatian setelah mendapatkan ratusan pertanyaan dari jurnalis dan publik pada briefing virtual reguler. Pada titik ini peran sebagai garda terdepan WHO, yang tak pernah diharapkan oleh Dr. Van Kerkhove, telah membawanya ke dalam 'air panas' (masalah sulit).

Baca Juga: Kalau Bisa Jangan Pulang Dulu ke Jakarta Hari Ini, Jakarta-Cikampek Padat!

Meskipun dipuji pada bulan Januari ketika dia adalah salah satu pejabat WHO pertama yang mengkhawatirkan potensi penularan dari manusia ke manusia di depan umum, komentar yang tampaknya menyarankan penyebaran asimptomatik jarang diprovokasi kritik sengit pada bulan Juni - meskipun Dr Van Kerkhove menyatakan bahwa banyak Pelaporan itu salah mengerti kata-katanya.

“Saya menonton video diri saya membuat pernyataan, dan kemudian beberapa penyiar mengatakan, 'WHO mengatakan transmisi asimptomatik tidak terjadi', yang saya tidak pernah katakan, yang tidak pernah dikatakan WHO,” katanya.

"Itu adalah tantangan - saya tidak pernah menjadi beban kritik seperti itu."

Dr Van Kerkhove menambahkan bahwa rekan-rekannya, suami dan dua anak - berusia sembilan dan satu - membuatnya tetap hidup. “Anak saya yang berumur sembilan tahun menggambar pelangi untuk semua orang di kantor karena dia ingin semua orang tahu bahwa kami melakukan pekerjaan dengan baik,” katanya.

Baca Juga: Cocok untuk Olahraga Outdoor, Ini Prakiraan Cuaca di Jakarta, Minggu 2 Agustus 2020

"Saya terinspirasi oleh tindakan kebaikan."

Ahli epidemiologi bukan satu-satunya anggota tim yang menarik kritik selama pandemi. Yang paling mencolok, Donald Trump secara konsisten menuduh WHO, khususnya Dr Tedros, sebagai "China-centric" - sebuah klaim yang oleh sebagian besar pakar kesehatan masyarakat dianggap sebagai "kambing hitam".

Kejatuhan itu, yang dimulai pada awal April ketika Presiden AS mengumumkan bahwa ia sementara menangguhkan pendanaan untuk badan kesehatan PBB karena "gagal dalam tugas dasarnya" untuk menanggapi Covid-19, muncul pada awal bulan Juli ketika administrasi Trump secara resmi menarik diri dari WHO.

Sebagai "orang Amerika yang bangga", Dr. Van Kerkhove mengatakan dia "kecewa" dengan keputusan itu, tetapi bersikeras bahwa situasi yang memburuk di AS, di mana lebih dari 66.000 kasus baru dilaporkan setiap hari dalam dua pekan terakhir, masih bisa diperbaiki.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Klub Inggris yang Bakal Berlaga di Level Eropa Musim Depan

"Saya pikir bahkan negara-negara yang belum melakukannya juga masih dapat membalikkan keadaan, dan saya percaya bahwa Amerika Serikat dapat dan Amerika Serikat akan melakukannya," katanya.

Tetapi ketakutan terbesarnya adalah rasa puas diri, yang dapat merusak upaya untuk mengendalikan pandemi ini - dan yang berikutnya.

“Ini adalah peringatan tentang pandemi dan kita harus melakukan lebih banyak untuk bersiap-siap,” Dr. Van Kerkhove memperingatkan. “Ini bukan masalah jika, itu masalah kapan hal seperti ini akan terjadi lagi.

"Sangat traumatis apa yang sedang dialami semua orang saat ini - kita perlu menggunakan ini sebagai cara untuk mempercepat perubahan yang diperlukan."***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x