Badan Geologi Mencatat Masih Longsor di Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya, Warga Jangan Mendekat Kawah

- 24 Maret 2023, 15:38 WIB
Badan Geologi mencatat masih terjadi longsoran di Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya Jawa Barat hingga Jumat 24 Maret 2023
Badan Geologi mencatat masih terjadi longsoran di Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya Jawa Barat hingga Jumat 24 Maret 2023 /



GALAMEDIA NEWS - Badan Geologi masih mencatat adanya longsoran di kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya Jawa Barat sejak 12 Maret 2023. Longsoran di kawan tersebut cukup besar dan hingga Jumat 24 Maret 2023 longsoran tersebut masih terjadi meski kapasitasnya kecil.

Untuk itu Badan Geologi menghimbau agar masyarakat jangan mendekat dulu kawah Gunung Galunggung apalagi untuk menginap di kawah yang biasa terjadi pada musim libur Lebaran.

Selain itu Badan Geologi juga menghimbau agar masyarakat tidak meminum air kawah Gunung Galunggung karena akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh.

Baca Juga: Ide Menu Takjil Avocado Mango Sago, Sajian Segar Buka Puasa Ramadhan

Berikut Penjelasan Resmi dari Badan Geologi

Gunungapi Galunggung merupakan gunungapi strato dengan ketinggian mencapai 2168 meter. Secara administratif gunungapi ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, serta dipantau melalui Pos Pengamatan Gunungapi (PPGA) yang berada di Desa Pademangan, Kecamatan Padakembang-Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Pusat aktivitas Gunungapi Galunggung pada saat ini berupa kawah yang berbentuk melingkar dengan diameter 1000 meter dan kedalaman 150 meter.

Kawah ini berada di dalam Kaldera Galunggung yang berbentuk tapal kuda yang terbuka ke arah tenggara dengan panjang sekitar 9 km dan lebar antara 2 – 7 km.

Dinding Kaldera Galunggung mempunyai ketinggian maksimum sekitar 1000 meter di bagian barat – barat laut dan menurun hingga 10 meter di bagian timur – tenggara.

Baca Juga: Buah Kurma Anjuran Nabi Muhammad Saat Berbuka Puasa, Ini 5 Jenis Buah Kurma yang Harganya Mahal

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Badan Geologi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x