Kades Citaman Berharap Ada Lembaga Pendukung Pengembangan Ekonomi Masyarakat

- 2 Agustus 2020, 13:35 WIB
Kepala Desa Citaman Yayan Heryana. (foto: Engkos Kosasih/Galamedianews)**
Kepala Desa Citaman Yayan Heryana. (foto: Engkos Kosasih/Galamedianews)** /



GALAMEDIA - Kepala Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Yayan Heryana berharap ada lembaga baru untuk pengembangan ekonomi masyarakat di tingkat desa.

Lembaga yang dimaksudnya untuk mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha kreatif, di antaranya kuliner.

"Bumdes tetap ada. Yang kita harapkan ada lembaga baru di bidang pengembangan ekonomi masyarakat. Dengan adanya lembaga baru di desa tersebut dapat mengakomodir para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," harap Yayan kepada galamedianews.com di Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Jawa Barat, Minggu 2 Agustus 2020.

Baca Juga: Tokyo Kian Gelisah, Pesawat Tempur China dan Rusia Kepung Wilayah Jepang

Ia mengatakan, dengan adanya harapan dibentuk lembaga baru dengan fokus pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat itu, setelah melihat banyak ibu rumah tangga yang mengembangkan usaha kuliner.

"Dengan banyaknya para pelaku kuliner tersebut, kita pun berinisiatif membentuk koperasi. Para anggotanya adalah pelaku UMKM," katanya.

Abah Yayan sapaan akrabnya mengatakan, dengan adanya lembaga baru dalam pengembangan ekonomi masyarakat itu, bisa saling memotivasi dalam menjalankan usahanya.

"Kita coba untuk memikirkan terbentuknya lembaga baru dalam bidang usaha. Dengan adanya lembaga baru ini diharapkan menjadi pendukung dan penggerak ekonomi masyarakat. Bahkan, bisa menjadi pembanding dengan Bumdes, lembaga usaha yang sudah berjalan di masing-masing desa," ungkapnya.

Baca Juga: Nihil Kasus Corona, Jemaah Haji asal Indonesia Angkat Topi untuk Kementrian Arab Saudi

Sementara itu, Camat Nagreg H. Wawan Setiawan mengatakan, di Desa Citaman banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), bahkan di antaranya para pelaku usaha itu sudah berjalan.

"Jadi untuk memudahkan pemasaran dan memudahkan pembinaan, makanya desa membentuk wadah koperasi untuk menampung para pelaku UMKM  tersebut," kata Wawan.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x