Pj Walikota Cimahi Ajak Masyarakat Ikuti Aksi Hemat Energi Earth Selama 60 Menit Malam ini

- 25 Maret 2023, 16:59 WIB
Pj Walikota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan (Foto : Deni Supriatna /Galamedia News)
Pj Walikota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan (Foto : Deni Supriatna /Galamedia News) /
GALAMEDIANEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi terus mensosialisasikan gerakan aksi Earth Hour (EH) yang akan laksanakan pada hari ini Sabtu, 25 Maret 2023. 
 

 
Pejabat (Pj) Walikota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, gerakan tersebut sebagai aksi hemat energi dengan mengajak masyarakat untuk memadamkan lampu selama 60 menit. 
 
"Melalui ASN Pemkot Cimahi gerakan Earth Hour akan terus di sosialisasikan kepada masyarakat secara luas dan dilaksanakan di lingkungan kerja maupun di rumah masing-masing dengan pemadaman lampu listrik dan peralatan elektronik yang tidak diperlukan," kata Pj Walikota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan. 
 
Selain itu, kata Dikdik, kegiatan tersebut sebagai wujud komitmen Pemkot Cimahi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca. 
 
Adapun, serangkaian kegiatan yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca, Dikdik menambahkan, pengenalan gaya hidup hijau dan ramah lingkungan adalah gerakan hemat energi melalui momentum Earth Hour.
 
"Aksi hemat energi listrik tersebut selanjutnya diharapkan dapat menjadi kebiasaan sehari-hari," tutur Dikdik. 
 
Iapun menilai, sesuai amanat UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, bahwa pembangunan ekonomi tingkat nasional wajib diselenggarakan berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
 
 
"Secara faktual kondisi saat ini dan di masa yang akan datang berpotensi terjadi penurunan kualitas lingkungan hidup yang akan mengancam perikehidupan manusia dan mahluk hidup lain. Sehingga perlu dilaksanakan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang konsisten," ujar Dikdik menegaskan. 
 
Dikdik menjelaskan, perubahan iklim dan pemanasan global warming saat ini bukan lagi hanya sekedar isu namun nyata terasa.
 
"Sebagai bukti paling nyata dari perubahan iklim saat ini juga dialami Kota Cimahi,"ucap Dikdik. 
 
Sebagai informasi, momentum Earth Hour akan dilaksanakan Sabtu tanggal 25 Maret 2023 mulai jam 20.30 hingga 21.30 WIB. 
 
Sementara itu, masyarakat yang ikut meramaikan aksi Earth Hour bisa mengunggah kegiatan tersebut di media sosial instagram dan mencantumkan tagar : "ini aksiku, 1 jam untuk bumi" serta mention ke akun @dlh_cimahi.***
 

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x